DetikNews
Senin 12 November 2018, 23:48 WIB

Sosok Adul Bocah Difabel di Mata Kapolres Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Sosok Adul Bocah Difabel di Mata Kapolres Sukabumi Bocah difabel, Adul, tiap hari berangkat ke sekolah dengan cara merangkak menempuh perjalanan sejauh tiga kilometer. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi - Beragam apresiasi datang menghampiri Muklis Abdul Kholik alias Adul (9). Bocah difabel ini disorot publik lantaran bersemangat belajar meski harus merangkak sejauh tiga kilometer untuk tiba ke sekolah.

Kisah Adul menyedot perhatian warga. Sejumlah relawan dan dermawan datang silih berganti ke sekolah dan kediaman sosok anak inspiratif tersebut di Kampung Cikiwul, RT 01 RW 01 Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.


Rupanya cerita soal siswa kelas 3 SDN 10 Cibadak Sukabumi itu sampai ke telinga Kapolres Sukabumi AKBP Nasriadi. Secara khusus, Nasriadi mengundang Adul untuk makan malam di salah satu rumah makan di Kota Sukabumi.

Nasriadi mengaku terharu dengan kegigihan Adul untuk mengenyam pendidikan meskipun dengan keterbatasan. "Luar biasa, kesan saya melihat anak ini memang lain. Dia murah senyum, komunikatif dan rasa penasarannya tinggi. Saya yakin Allah memberikan karunia yang lebih kepada anak ini dengan sikap dan sifat yang ditunjukkan," kata Nasriadi kepada detikcom, Senin (12/11/2018).

Sosok Adul Bocah Difabel di Mata Kapolres SukabumiKapolres Sukabumi AKBP Nasriadi menggendong Adul. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Adul hanya tersenyum malu saat tiba-tiba Nasriadi menggendongnya. Adul datang bersama ibunda asuhnya, Pipin (45), dan wali kelasnya, Euis Khodijah, serta beberapa pihak dari Kecamatan Cibadak.


Bukan hanya itu, hadir pula sejumlah relawan dari Sahabat Kristiawan Peduli (SKP). "Anak ini peka lingkungan. Begitu saya baca-baca cerita tentang Adul, hati saya tergerak untuk bertemu langsung dengan dia. Alhamdulillah malam ini akhirnya saya bisa bertemu langsung dengan anak inspiratif ini," tutur Nasriadi.

"Saya juga sangat bangga dengan sikap warga masyarakat di Cibadak yang telah memberikan ruang kepada Adul untuk berkembang. Saya dengar ada yang menyediakan akses jalan pintas dia ke sekolah lebih dekat," dia menambahkan.

Nasriadi berjanji memberikan sejumlah peralatan sekolah dan seragam baru untuk Adul. "Kita akan berikan perlengkapan sekolah dan seragam, biar dia nanti yang pilih sendiri," ucapnya.

[Gambas:Video 20detik]


(sya/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed