DetikNews
Senin 12 November 2018, 14:23 WIB

Ini Sosok Pemilik Onthel yang Digowes Jokowi di Bandung

Mukhlis Dinillah - detikNews
Ini Sosok Pemilik Onthel yang Digowes Jokowi di Bandung Foto: istimewa
Bandung - Presiden Jokowi bergaya ala Bung Tomo sambil menunggangi sepeda ontel tua saat memperingat Hari Pahlawan di Bandung, Sabtu (10/11/2018). Jokowi gowes bersama dengan sejumlah pejabat dan masyarakat Bandung.

Sang pemilik sepeda, Wahab Romli mengaku bangga tunggangan klasik miliknya digunakan Jokowi dalam kegiatan bertajuk 'Gowes Bandung Lautan Sepeda'. Ia sama sekali tidak menyangka momen tersebut.

"Ini sama sekali di luar dugaan saya. Tentu menjadi kebanggaan tersendiri buat saya bisa mensupport kunjungan presiden," kata Wahab saat dihubungi detikcom via telepon genggam, Senin (12/11/2018).



Pria yang juga Ketua Paguyuban Sepeda Baheula Bandung (PSBB) ini menceritakan awal mula sepeda miliknya menjadi tunggangan orang nomor satu di Indonesia itu. Dia diminta menyiapkan 10 sepeda ontel untuk diseleksi.

"Malam Jumat itu saya diminta menyiapkan 10 sepeda oleh Kodim. Malam itu juga saya siapkan bersama rekan-rekan, salah satunya sepeda saya itu," ungkap dia.

Dia mengatakan cukup kaget setelah diminta memilihkan sepeda yang layak untuk dipakai Jokowi. Sehingga, ia memilihkan sepeda ontel jenis yang terbilang dari segi usia dan model cukup kekinian.

Namun, tak disangka sepeda ontel impor itu mengalami masalah pada ban. Sehingga diganti lagi dengan 4 jenis sepeda ontel lainnya. Setelah proses seleksi ketat lagi, sepeda jenis Black Dames keluaran tahun 1940-an miliknya dipilih.

"Terakhir itu dua sepeda yang disiapkan Burgers dan punya saya itu. Akhirnya punya saya yang dipakai pak Jokowi," tutur dia.



Wahab berharap sepeda ontel bisa naik pamor setelah ditunggangi Jokowi saat di Bandung. Apalagi saat ini gaya hidup bersepeda sedang digandrungi masyarakat tanah air.

"Intinya ontel tidak dipandang sebelah mata lagi. Kan sekarang sepeda lagi naik daun, cuma gaya hidup sepedanya modern. Tapi kita juga harus melestarikan sepeda jadul," ujar Wahab.
(mud/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed