DetikNews
Jumat 09 November 2018, 13:58 WIB

Polisi Siap Berlakukan Sanksi Cabut Pentil Bagi Pelanggar Parkir

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Polisi Siap Berlakukan Sanksi Cabut Pentil Bagi Pelanggar Parkir Foto: Dony Indra Ramadhan
Bandung - Polisi mendukung penerapan sanksi cabut pentil kepada pengendara yang parkir sembarangan di Bandung. Sanksi itu belum akan dibarengi dengan penilangan.

"Kita tindak di tempat saja (cabut pentil) karena poin utamanya memberikan efek jera saja," ucap Kasatlantas Polrestabes Bandung AKBP Agung Reza Pratidina di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Jumat (9/11/2018).

Agung mengatakan pihak kepolisian sudah dilibatkan sejak program tersebut diwacanakan. Menurut Agung, payung hukum untuk program tersebut sudah disiapkan. Sehingga, program yang rencananya akan dimulai pada Senin 12 November 2018 bisa dilakukan.

"Ada dasar hukum yang kita gunakan mulai dari Undang-undang 22 tahun 2009 tentang LLAJ, Perda nomor 4 tahun 2017 dan Perwal nomor 551 tahun 2018 itu yang kita gunakan," katanya.



Agung mengatakan fokus utama tim gabungan berada di pusat Kota Bandung. Tim akan menyasar kendaraan-kendaraan baik roda dua maupun roda empat yang dianggap menjadi sumber kemacetan.

"Poin utamanya pelanggar yang melanggar rambu, marka kemudian parkir liar di tempat yang enggak ada rambu parkirnya dan yang menghalangi marka jalan dan mengakibatkan kemacetan. Termasuk yang parkir di atas trotoar kita angkut," tutur Agung.


(dir/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed