DetikNews
Kamis 08 November 2018, 15:49 WIB

Cabut Pentil Kendaraan di Bandung Belum Dibarengi Tilang

Tri Ispranoto - detikNews
Cabut Pentil Kendaraan di Bandung Belum Dibarengi Tilang Peringatan bagi kendaraan yang parkir ssembarangan di Kota Bandung. (Foto: dok. Dishub Kota Bandung)
Bandung - Tim gabungan mulai memberlakukan sanksi cabut pentil ban mulai 12 November 2018. Sanksi berlaku untuk kendaraan roda dua dan empat.

Kabid Pengendalian dan Ketertiban Transportasi Dishub Kota Bandung Asep Koswara menjelaskan ada tiga tim terdiri dari Dishub, Satpol PP, Polri dan TNI yang menyebar melaksanakan penindakan. "Kita jalankan sanksi cabut pentil ini sesuai SOP. Cabut pentil tidak hanya satu roda, tapi semuanya. Karena kalau satu biasanya ada cadangan," kata Asep di Balai Kota Bandung, Kamis (8/11/2018).


Menurut Asep, sebelum ada inovasi cabut pentil, pihaknya sudah menerapkan beberapa sanksi seperti penempelan stiker, pengangkutan hingga derek kendaraan. Namun hal itu dirasa kurang efektif dan tidak ada efek jera.

"Karena walau pun sudah digembok atau diangkut, mereka hanya membuat surat perjanjian. Kita inginnya ke depan ada sanksi denda juga yang dibayarkan ke bank atau cabut ban, bukan pentil lagi," ucapnya.

Dalam pelaksanaannya nanti, sambung Asep, tim akan bergerak ke titik-titik tertentu. Tim juga berkoordinasi dengan ATCS yang dapat memantau via CCTV untuk menindak pelanggar parkir.


Kasubnit II Dikyasa Satlantas Polrestabes Bandung Aiptu Jaja mengatakan pihaknya mendukung penuh penegakan sanksi tersebut. Hanya saja, kata dia, polisi belum memberlakukan tilang karena masih berharap budaya disiplin dapat muncul setelah pemberlakuan sanksi tersebut.

"Belum (tilang). Kita melihat ini masih teguran untuk menekan pelanggaran. Diupayakan dengan ini kesadaran warga bisa muncul tanpa harus ada denda-denda atau penilangan," ujar Jaja.
(tro/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed