Sebelum Dieksekusi Mati, Tuti Ternyata Sedang Urus Paspor Baru

Sudirman Wamad - detikNews
Rabu, 31 Okt 2018 18:23 WIB
Keluarga sempat mengira Tuti akan dipulangkan (Foto: Sudirman Wamad)
Majalengka - Tuti Tursilawati Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang dieksekusi mati di Arab Saudi ternyata tengah mengurus paspor baru. Iti Sarniti, ibunda Tuti sempat bahagia mendengar kabar tersebut.

"Sempat mengobrol katanya lagi mengurus paspor baru. Otomatis kan berarti mau dipulangkan, saya senang dengan kabar itu," kata Iti saat ditemui detikcom di kediamannya di Blok Manis, Desa Cikeusik, Kecamatan Sukahaji, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Rabu (31/10/2018).

Namun, kabar bahagia itu sirna saat Kerajaan Arab Saudi mengeksekusi Tuti tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Iti kaget mendengar kabar tersebut. Tuti mengaku tak pernah mengalami firasat apapun tentang kejadian nahas yang menimpa Tuti.


"Ternyata Tuti pulang untuk selamanya. Saya sudah ikhlas, menerima semua ini. Minta doanya untuk anak saya," lirih Iti dengan mata berkaca-kaca.

Selama masa penahanan Tuti di Arab Saudi, Iti mengaku kerap menengok Tuti. Tuti selalu menunjukkan keceriaannya saat ditengok Iti.

"Orangnya tak pernah mengeluh. Saya yang sering nangis, saya yang diingatkan sama anak saya agar kuat, agar tidak menangis. Selama saya bertemu, ya baik-baik saja, tiga kali saya ke sana (Arab)," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Tuti memutuskan untuk berangkat ke Arab Saudi pada 2009 silam. Namun, Tuti menemui jalan terjal hingga terjerat kasus dengan tuduhan pembunuhan terhadap majikannya, Suud Malhaq Al Utibi di Kota Thaif yang berjarak 87 kilometer dari Kota Mekah pada 11 Mei 2010 lalu. KJRI Jeddah memberikan pendampingan terhadap Tuti saat menjalani masa penahanan.


Simak Juga 'Suasana Duka Selimuti Kediaman TKI Tuti di Majalengka':

[Gambas:Video 20detik]


(mud/mud)