DetikNews
Selasa 23 Oktober 2018, 17:15 WIB

Pemkot Bandung: Skywalk PKL Cicadas Bukan Solusi

Tri Ispranoto - detikNews
Pemkot Bandung: Skywalk PKL Cicadas Bukan Solusi Suasana PKL Cicadas Bandung. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Bandung - Pemkot Bandung berencana merelokasi para pedagang kaki lima (PKL) Cicadas ke tempat yang tidak jauh dari lokasi saat ini mereka berjualan. Sebelum relokasi dilakukan, para PKL akan ditata agar tidak ada lagi kesan kumuh di sepanjang Jalan Ahmad Yani (Cicadas).

Hal itu berbeda dengan keinginan Ridwan Kamil saat menjabat sebagai wali kota Bandung periode 2013-2018. Pria yang karib disapa Emil itu ingin PKL Cicadas ditata dengan membangun skywalk seperti di Cihampelas.


Menanggapi hal itu, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana menilai skywalk bukan sebuah solusi. Sebab secara fungsi skywalk adalah pedestrian bukan untuk berjualan. "Saya sih berpendapat itu bukan solusi. Skywalk itu sebetulnya jalan di atas jalan, bukan untuk PKL," ujar Yana usai meninjau PKL Cicadas, Selasa (23/10/2018).

Yana berseragam Satpol PP ini datang bersama sejumlah unsur Satgasus PKL. Dalam hal ini Yana juga menjabat sebagai Ketua Satgasus yang baru saja dilantik beberapa pekan lalu.

Pemkot Bandung: Skywalk PKL Cicadas Bukan SolusiLapak PKL di Kawasan Cicadas Bandung. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Dia sempat mengobrol dengan para PKL yang berjualan sepanjang Jalan Ahmad Yani. Selain itu, dia berbincang dengan para pemilik toko yang di depannya tertutup oleh PKL untuk mengetahui keluhan mereka.

"Kumaha dagang? Kaganggu ku PKL (Keganggu dengan PKL)?" tanya Yana.

"Enggak Pak. Cuma minta ditata saja, biar toko saya kelihatan dan terang gitu," ucap salah seorang pemilik toko kelontong.

Yana memastikan tidak akan membangun skywalk sebagai solusi PKL Cicadas. Ia tetap berkomitmen untuk merelokasi sesuai dengan konsep yang telah didiskusikan bersama Wali Kota Bandung Oded M Danial.


Terlebih, tim Satgasus PKL di era Ridwan Kamil juga merekomendasikan untuk melakukan relokasi dan bukan membangun skywalk sebagai solusi PKL Cicadas. "Kita konsepnya lebih ke relokasi, penataan. Enggak skywalk," kata pria yang baru dilantik sebagai Kepala Satgasus PKL Kota Bandung itu.

Soal lokasi relokasi, Yana mengatakan hal itu masih dibahas terlebih soal ketersediaan anggaran. Jika diberi tahu lokasi relokasi maka dikhawatirkan akan diincar oleh swasta sehingga harga akan lebih mahal.

"Relokasi banyak opsi. Kita tidak bisa buka sekarang. Karena nanti dibeli oleh swasta, engke teu kabeuli-kabeuli (nanti tidak kebeli-kebeli). Dianggarkan naik lagi, naik lagi. Persis seperti RSUD itu enggak jadi-jadi karena harga dengan kesediaan anggaran terus naik. Semangatnya yang penting relokasi, soal di mana kasih kami kepercayaan," ujarnya.

Pemkot Bandung: Skywalk PKL Cicadas Bukan SolusiWakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana berbincang dengan pedagang di Cicadas. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Ditanya soal masalah PKL Cicadas yang terus bergulir sejak pemerintahan sebelumnya, Yana mengatakan tidak mengetahui secara pasti apa masalahnya.

"Terpenting saya punya niat beberes daerah ini. Karena banyak pedagang yang berdomisili di daerah sini. Jadi diharapkan ada kenyamanan dan kebersihan juga nantinya," ujarnya.

"Mudah-mudahan di periode kami berdua, kita punya niat sama dengan para pedagang untuk menata kawasan ini. Mulai hari ini sudah ada kesepahaman dan niat yang sama ke depan harus ada progres yang lebih baik, dan terus," tutur Yana menambahkan.

Selain itu, sudah ada kesepakatan untuk penataan dengan membuat tenda baru bagi para PKL. Namun pemerintah menitipkan agar kawasan tempat mereka berjualan tetap dijaga kebersihannya. Contohnya, kata Yana, PKL bisa membuat kelompok kecil yang bertugas di lapak masing-masing. Kalau ditemukan sampah, maka PKL akan disanksi tidak berjualan selama satu atau dua hari.

Bukan hanya itu, Yana meminta agar pedagang dapat libur satu hari dalam seminggu bila nantinya penataan dengan tenda baru sudah berlangsung. "Dengan begitu estetika kota bisa terjaga, kebersihan bisa terjaga. Pejalan kaki bisa dihormati juga, pedagang di dalam juga dihargai. Ini PKL juga dihargai," ucap Yana.

Pemkot Bandung: Skywalk PKL Cicadas Bukan SolusiPKL yang berjualan di kawasan Cicadas Bandung. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)

(tro/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed