DetikNews
Minggu 21 Oktober 2018, 18:46 WIB

Ribuan Santri Salat Berjamah di Lapangan Gasibu Bandung

Tri Ispranoto - detikNews
Ribuan Santri Salat Berjamah di Lapangan Gasibu Bandung Foto: Tri Ispranoto
Bandung - Ribuan santri dan santriwati dari berbagai pesantren di Jawa Barat melaksanakan Salat Magrib berjamaah di Lapangan Gasibu, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Minggu (21/10/2018).

Pantauan detikcom salat yang digelar pada sekitar pukul 17.50 WIB itu diikuti oleh ribuan massa yang hadir sejak Minggu sore. Mereka datang untuk mengikuti kegiatan puncak Hari Santri Nasional 2018.

Jumlah massa yang datang tak sebanding dengan keberadaan sumber air untuk wudhu. Alhasil saat salat sudah dimulai masih banyak massa yang mengantre untuk bersuci.

Ribuan Santri Salat Berjamah di Lapangan Gasibu BandungFoto: Tri Ispranoto


Meski beralaskan seadanya, jalanya salat berjalan khusyuk. Usai salat massa melanjutkan dengan zikir dan berdoa bersama sambil menunggu waktu Salat Isya tiba. Selepas Isya massa akan mengikuti isitagasah.



Rencananya acara puncak baru akan dimulai sekitar pukul 20.00 WIB dengan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo. Selain itu massa juga akan dihibur oleh penampilan Syabian Gambus hingga sekitar pukul 24.00 WIB.

Ribuan aparat keamanan TNI dan Polri telah berjaga di sekitar lokasi sejak Minggu pagi. Mereka melakukan pengamanan dengan menggunakan sistem berlapis dan membawa senjata lengkap. Tampak juga sejumlah ormas islam turut membantu penjagaan.

Ribuan Santri Salat Berjamah di Lapangan Gasibu BandungFoto: Tri Ispranoto

(tro/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed