DetikNews
Kamis 18 Oktober 2018, 17:38 WIB

Lurah Bandung Diduga Korupsi, Begini Reaksi Mang Oded

Tri Ispranoto - detikNews
Lurah Bandung Diduga Korupsi, Begini Reaksi Mang Oded Foto: Ilustrasi oleh Andhika Akbarayansyah
Bandung - Wali Kota Bandung Oded M Danial angkat bicara mengenai kasus dugaan korupsi yang dilakukan oleh Lurah Warung Muncang Dayat Hidayat. Oded menjelaskan indikasi tersebut sudah tercium sejak 2015, saat ia masih menjabat sebagai wakil wali kota Bandung.

Saat itu Oded memanggil Dayat dan Camat Bandung Kulon untuk meminta klarifikasi. "Waktu itu Mang Oded mendapat laporan dari tiga hingga empat ketua RW (mengenai dugaan korupsi), lalu dipanggil Lurah Warung Muncang dan Camat Bandung Kulon," tutur Oded di Pendopo Kota Bandung, Kamis (18/10/2018).


Dalam pertemuan tersebut terungkap bahwa proyek yang kini menjadi sumber dugaan korupsi tersebut hasil kerja sama dengan pihak ketiga. Namun pihak ketiga tersebut kabur.

"Mang Oded minta waktu itu agar permasalahan ini segera diselesaikan secara baik. Tapi tiba-tiba sekarang muncul (kasus korupsi), berarti instruksi saya tidak dilaksanakan. Tidak dipertanggungjawabkan," katanya.

Meski begitu, Oded menegaskan, Dayat yang masih berstatus ASN Kota Bandung akan mendapat bantuan hukum dari Bagian Hukum Setda Kota Bandung. Ia berharap kejadian tersebut bisa menjadi peringatan bagi seluruh ASN agar lebih berhati-hati mengerjakan segala pekerjaan.

"Tidak hanya sekadar boleh atau tidak boleh, tapi patut dan tidak patut. Kalau sampai setingkat itu pasti akan lebih hati-hati," ucapnya.

Dia berharap dengan konsep pemerintahan kolaborasi saat ini, warga bisa berperan aktif dalam memberikan informasi pada pemerintah. Tak terkecuali mengenai dugaan korupsi atau penyimpangan lainnya dilakukan aparat pemerintahan yang nakal.

"Saya tentu sangat berterima kasih kalau masyarakat mau dan berani melapor, pasti kita tindaklanjuti. Kita bersyukur kalau ada laporan dengan adanya kolaborasi dalam hal pengawasan," ujar Oded.




Tonton juga 'Proyek Meikarta Jalan Terus Meski Tersandung Korupsi!':

[Gambas:Video 20detik]


(tro/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed