detikNews
Jumat 05 Oktober 2018, 13:21 WIB

Peduli Sulteng, Pedangdut Pantura Ngamen di Pasar Cirebon

Sudirman Wamad - detikNews
Peduli Sulteng, Pedangdut Pantura Ngamen di Pasar Cirebon Diana Sastra ngamen di pasar untuk mengumpulkan donasi yang nantinya disalurkan ke korban bencana Sulteng. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon - Masyarakat terus bergerak menggalang bantuan untuk meringankan beban korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah (Sulteng). Gerakan kepedulian bagi para korban kini muncul dari pedangdut asal Pantura Cirebon, Diana Sastra.

Pelantun lagu 'Juragan Empang' itu berinisiatif menggalang dana dengan cara mengamen. Dalam aksinya itu, Diana Sastra mengajak sejumlah pengamen jalanan untuk ikut membantu korban gempa dan tsunami.

"Ide mengamen untuk membantu korban gempa dan tsunami ini muncul ketika saya bertemu dengan mereka (pengamen jalanan). Muncul ide untuk mengamen di pasar, mereka sepakat," kata Diana usai mengamen di Pasar Plered, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Jumat (5/10/2018).

Diana dan pengamen jalanan menggalang dana di Pasar Plered dan Pasar Sumber Cirebon. Dia mengatakan dengan pola mengamen ini dapat mengajak kalangan masyarakat untuk ikut membantu korban gempa, termasuk para seniman jalanan.

"Kita ingin berbagi melalui seni. Saya selalu berusaha menjadi seniman yang tak hanya menghasilkan tontonan, tapi yang bisa menghasilkan tuntunan juga," ujar Diana.

Peduli Sulteng, Pedangdut Pantura Ngamen di Pasar CirebonPedangdut asal Pantura Cirebon, Diana Sastra, bersama pengamen jalanan di Cirebon galang dana untuk korban bencana di Sulteng. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Dalam aksi mengamennya itu Diana menyanyikan tembang-tembang andalannnya yaitu 'Juragan Empang', "Bujange Rakyat', dan lainnya. Tak sedikit pedagang yang ikut berdendang bersama Diana. Bahkan, tak sedikit pula yang berswafoto dan merekam aksi mengamen Diana.

Salah seorang pedagang, Riswandi, mengaku kaget dengan kehadiran Diana di Pasar Plered. Menurutnya, mengamen untuk korban bencana yang dilakukan Diana dan pengamen jalanan sangat positif.

"Ya senang, ada artis Pantura yang mengamen di pasar. Pedagang pasar kan jadi ikut menyumbang, semoga bantuannya bisa meringankan korban gempa dan tsunami di Sulteng," ucap Riswandi.
(bbn/bbn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com