DetikNews
Rabu 26 September 2018, 16:40 WIB

Disoal Ortu Anak Korban Predator, Begini Reaksi Pemkab Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Disoal Ortu Anak Korban Predator, Begini Reaksi Pemkab Sukabumi Ilustrasi (Foto: Zaki Alfarabi / detikcom)
Sukabumi - Pemkab Sukabumi mengaku belum mendampingi belasan anak korban kejahatan seksual sang predator di Kecamatan Caringin. Beberapa hal menjadi pertimbangan sehingga Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Sukabumi terbatas bergerak.

"Ke korban kami memang belum (mendatangi), menunggu konfirmasi polsek. Penyelidikan kan polisi yang mempertanggungjawabkan, sementara berita acara (berkas penyidikan) belum selesai. Sehingga kami belum bisa ke korban," kata Kabid Perlindungan dan Tumbuh Kembang Anak DP3A Kabupaten Sukabumi Iva Rufaidah kepada awak media, Rabu (26/9/2018).


Iva menegaskan penanganan yang nanti akan dilakukan pihaknya yaitu kunjungan ke rumah-rumah korban. Mereka akan bekerja sama dengan P2TP2A mengawal kasus ini.

"Untuk pelaku kita akan dampingi sampai vonis, sementara untuk korban kita usahakan terapi healing dengan psikolog Dinsos dan kita juga punya psikolog," tuturnya.

Ditanya berapa lama yang dibutuhkan untuk terapi, Iva menyebut hal itu tergantung kondisi psikis anak yang menjadi korban. "Untuk trauma healing, kita sudah komitmen dengan kapolsek Caringin. Nanti kita beritahukan bagaimana kasus-kasusnya khusus untuk korban. Intinya kita masih menunggu polisi," ujar Iva.


A (34), ayah salah seorang korban, mengaku khawatir dengan psikologis anaknya. Dia menyoalkan tidak ada sama sekali perhatian dari pihak sekolah dan pemerintah.

"Anak saya korban yang paling banyak dicabuli oleh pelaku, sejauh ini penanganan kepolisian profesional namun dari pihak sekolah dan dinas pendidikan minim perhatian. Saya yakin mereka tahu anak saya berhenti sekolah karena alasan itu (pencabulan), tapi mereka seolah tertutup dan tidak mau terlibat," tutur A.



Saksikan juga video 'Bejat! Predator Anak di Sukabumi Cabuli 12 Korban':

[Gambas:Video 20detik]


(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed