DetikNews
Sabtu 22 September 2018, 16:09 WIB

Hari Ini PSU Pilwalkot Cirebon di 24 TPS, Polisi: Aman

Sudirman Wamad - detikNews
Hari Ini PSU Pilwalkot Cirebon di 24 TPS, Polisi: Aman Foto: Sudirman Wamad
Cirebon - Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilwakot Cirebon di 24 TPS berlangsung kondusif. Seribuan petugas gabungan disebar ke empat kecamatan.

"Alhamdulillah hingga proses perhitungan suara situasi masih kondusif. Semua masyarakat telah menggunakan hak pilihnya," kata Kapolresta Cirebon AKBP Roland Ronaldy saat memantau proses penghitungan suara di TPS 16 Kesunean, Kelurahan Lemahwungkuk, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (22/9/2018).

Sekitar pukul 13.00 WIB, lanjut Roland, proses pemungutan suara telah rampung di masing-masing TPS. Guna menghindari bentrokan antar pendukung dari kedua pasangan calon, lanjut dia, petugas gabungan melaksanakan patroli dan pengamanan dimasing-masing TPS. Sejumlah petugas lengkat dengan senjata laras panjang pun dikerahkan.

"Masing-masing TPS itu dijaga 20 personel gabungan. Kemudian yang patroli sifatnya bergantian. Kita melakukan pengamanan ini hingga proses perekapan suara selesai ditigkat KPU," ucap Roland.



Roland mengatakan untuk jumlah personel gabungan yang dikerahkan mencapai seribuan personel. Ia menyebutkan Polresta Cirebon mengerahkan 750 personel. Kemudian, lanjut dia, Polda Jawa Barat mengerahkan 450 personel untuk membantu mengamankan PSU.

"Ada dari TNI sekitar 100 personel, kemudian bantuan dari polres di daerah sekitar, seperti Kuningan, Indramayu, dan Kabupaten Cirebon. Masing-masing mengerahkan 30 personel," katanya.


(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed