DetikNews
Rabu 19 September 2018, 19:58 WIB

Kebakaran Lahan 87 Hektare di Gunung Ciremai Padam

Sudi - detikNews
Kebakaran Lahan 87 Hektare di Gunung Ciremai Padam Petugas memadamkan api di Gunung Ciremai Kuningan. (Foto: dok.Taman Nasional Gunung Ciremai)
Kuningan - Kebakaran melanda lahan seluas 87 hektare di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, berhasil dipadamkan petugas gabungan. Sebanyak 121 petugas dikerahkan memadamkan api.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kuningan Agus Mauludin menyebutkan api berhasil dipadamkan sekitar pukul 17.00 WIB, Rabu (19/9/2018). Agus mengatakan pihaknya akan melakukan patroli lanjutan pada Kamis (20/9/2018) besok untuk memantau perkembangan kondisi lahan yang terbakar.

"Sekitar pukul 17.00 WIB api sudah padam dan titik kepulan asap sudah tak ada lagi," kata Agus dalam keterangan yang diterima detikcom, Rabu (19/9/2018) sore.


Dia menyebutkan dalam proses pemadaman kebakaran hutan dan lahan itu pihaknya mengerahkan petugas gabungan dari unsur BPBD, TNGC, kepolisian, TNI, pecinta alam, relawan dari Wilayah III Cirebon, dan lainnya. Tak hanya itu, proses pemadaman pun terbantu dengan cuaca yang sempat hujan pada Rabu pagi.

"Personel yang di lapangan sudah diturunkan kembali ke Posko Lambosir," kata Agus.

Pada Selasa (18/9), pukul 12.30 WIB, api berkobar di Leuweung Kiara, Ciula, Lemah Neundeut, yang masuk kawasan TNGC, Desa Setianegara, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed