DetikNews
Jumat 17 Agustus 2018, 11:49 WIB

Mengintip Uniknya Upacara HUT RI di Keraton Kasepuhan Cirebon

Sudirman Wamad - detikNews
Mengintip Uniknya Upacara HUT RI di Keraton Kasepuhan Cirebon Peserta upacara HUT RI di Keraton Kasepuhan Cirebon menggunakan pakaian adat. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon - Keraton Kasepuhan Cirebon menggelar upacara bendera memperingati HUT Ke-73 Republik Indonesia di kompleks keraton. Uniknya, para peserta upacara bendera menggunakan pakaian adat.

Para abdi dalam yang hadir di area upacara ini mengenakan belangkon. Tak hanya itu, sejumlah prajurit keraton bertombak turut menjadi peserta upacara.

Momen tersebut menjadikan suasana upacara menjadi berbeda dibandingkan upacara bendera pada umumnya. Sultan Kasepuhan Cirebon Pangeran Raja Adipati (PRA) Arief Natadiningrat berbusana kerajaan saat menjadi inspektur upacara.

Arief mengatakan mengenakan pakaian adat saat upacara bendera merupakan salah satu implementasi kecintaan terhadap adat budaya yang ada di Indonesia.

"Mari kita lestarikan budaya melalui busana adat yang kita miliki. Ini bukti kalau kita cinta Indonesia. Ini menandakan bahwa kita memiliki budaya yang adiluhung," ucap Arief usai upacara bendera di Keraton Kasepuhan Cirebon, Jawa Barat, Jumat (17/8/2018).

Mengintip Uniknya Upacara HUT RI di Keraton Kasepuhan CirebonSuasana upacara bendera HUT RI di Keraton Kasepuhan Cirebon. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Dalam kesempatan tersebut, Arief mengajak masyarakat untuk menjaga kesatuan Indonesia. Pasalnya, kata dia, akhir-akhir ini seliweran informasi hoax yang mengarah pada perpecahan bangsa.

"Jangan terpancing berita hoax, berita yang mengadu domba. Mari hormati adat budaya kita yang dikenal dengan Bineka Tunggal Ika. Majukan kebudayaan dan pariwisata Indonesia," kata Arief.


Tonton juga video: 'Nelayan Trenggalek Lestarikan Tradisi Nenek Moyang'

[Gambas:Video 20detik]


(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed