DetikNews
Selasa 14 Agustus 2018, 15:14 WIB

Waspada Cacing Hati, 80 Tim Disebar Datangi Tempat Penyembelihan

Tri Ispranoto - detikNews
Waspada Cacing Hati, 80 Tim Disebar Datangi Tempat Penyembelihan Foto: Tri Ispranoto
Bandung - Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung akan menyebar Tim Postmortem saat Hari Raya Idul Adha hingga H+3. Mereka akan bertugas untuk memantau kelayakan daging hewan kurban yang telah disembelih.

Kadispangtan Kota Bandung Elly Wasliah mengatakan pihaknya telah membentuk membetuk Tim Postmortem yang terdiri dari 80 orang anggota. Mereka akan mendatangi tempat penyembelihan hewan kurban.

"Karena di Kota Bandung ini ada ribuan tempat kurban dan petugas hanya 80 orang maka tidak semua akan didatangi," ujar Elly kepada wartawan di Balai Kota Bandung, Selasa (14/8/2018).

Meski begitu Elly memastikan sejak tahun 2014 pihaknya bersama MUI Kota Bandung telah menggelar pelatihan bagi pengurus DKM. Pelatihan diberikan dalam bentuk teori dan praktik pelaksanaan kurban.



Pelatihan, kata Elly, dimulai dari cara menjatuhkan hewan kurban saat akan disembelih, penyembelihan, hingga pemilahan daging yang akan dibagikan pada warga.

"Tahun ini ada empat angkatan yang ikut pelatihan atau sekitar 200 orang. Kalau dari 2014 berarti ada sekitar 1.400 pengurus DKM yang ikut pelatihan. Jadi tugas Tim Postmortem akan terbantu oleh mereka," katanya.

Elly mengatakan tahun lalu Tim Postmortem berhasil mendapatkan 33 ekor sapi dan 13 ekor domba yang di dalam hatinya terdapat cacing. Dari jumlah tersebut 73 kg hati sapi dan 7 kg hati domba terpaksa dimusnahkan.

"Jadi kita sudah memberi pelatihan pada pengurus DKM agar kasus cacing hati ini menjadi perhatian dan tidak dibagikan pada warga. Salah satu yang paling gampang adalah kalau ada rongga-rongga putih itu pasti ada telur atau cacing hati. Jadi harus diapkir," ujar Elly.


Tonton juga video: 'Lagi Cari Hewan Kurban? Coba Mampir ke Festival Halal Qurban'

[Gambas:Video 20detik]


(tro/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed