DetikNews
Senin 23 Juli 2018, 15:47 WIB

Saung 'Elite' di Lapas Sukamiskin Segera Dibongkar

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Saung Elite di Lapas Sukamiskin Segera Dibongkar Foto: Baban/detikcom
Bandung - Saung 'elite' yang berada di Lapas Sukamiskin masih berdiri sampai saat ini. Namun pihak lapas berencana akan membongkar saung tersebut.

Plh Kalapas Sukamiskin Alfi Zahrin Kiemas mengatakan sampai saat ini saung 'elite' memang masih berdiri di dalam lapas. Saung tersebut digunakan untuk tempat berkunjung keluarga.

"Masih (saung). Tadi malam kan sudah disampaikan oleh Bu Dirjen, untuk sementara ini digunakan tempat kunjungan," ucap Plh Kalapas Sukamiskin Alfi Zahrin Kiemas di Lapas Sukamiskin, Jalan AH Nasution, Kota Bandung, Senin (23/7/2018).



Namun, kata dia, dalam waktu dekat saung 'elite' tersebut akan dibongkar. Namun sebelum dibongkar, pihaknya akan menyiapkan tempat baru bagi para pengunjung lapas.

"Akan disiapkan dulu tempat berkunjung baru. Nanti batu akan kita tertibkan," kata Alfi.

Saung 'Elite' di Lapas Sukamiskin Segera DibongkarFoto: Baban/detikcom


Mewahnya lapas yang diisi para koruptor tersebut terungkap usai KPK melakukan OTT terhadap Kalapas Wahid Husen. Usai OTT di kediaman Wahid, KPK menggeledah sel di Lapas Sukamiskin. Temuan KPK, banyak barang mewah berada di sel koruptor berupa toilet duduk, televisi, kasur empuk hingga kulkas.



Selain barang mewah di sel, keberadaan saung 'elite' juga sempat membetot perhatian masyarakat. Saung yang konon dibangun dari hasil swadaya para penghuni lapas ini disebut memiliki fungsi sebagai tempat besuk.

Keberadaan saung ini membetot perhatian publik lantaran disebut-sebut tampil mewah. Saung itu kerap dipergunakan para narapidana untuk berjumpa keluarga dan kolega sambil menikmati sajian makan-minum dan menggelar aneka acara.

Saung beragam ukuran ini terbuat dari bambu. Sisi kanan-kirinya saung terpasang setengah dinding berbahan anyaman rotan dan beratap ijuk. Jumlah saung mencapai 36 unit dengan berbagai ukuran.



Tonton juga 'Soal OTT Lapas Sukamiskin, Jaksa Agung: Perlu Perbaikan Sistem':

[Gambas:Video 20detik]


(dir/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed