DetikNews
Senin 23 Juli 2018, 12:14 WIB

PLN Gerak Cepat Atasi Gangguan Akibat Hujan Es di Bandung

Baban Gandapurnama - detikNews
PLN Gerak Cepat Atasi Gangguan Akibat Hujan Es di Bandung Petugas PLN memperbaiki infrastruktur listrik akibat terdampak hujan es disertai badai di Kabupaten Bandung. (Foto: Dokumentasi PT PLN Distribusi Jabar)
Kabupaten Bandung - PLN bergerak cepat mengatasi gangguan listrik akibat hujan es disertai badai yang melanda sejumlah kawasan di Kabupaten Bandung. Jaringan sempat terdampak sehingga beberapa daerah padam listrik.

Manajer Komunikasi, Hukum dan Administrasi PT PLN Distribusi Jabar Herry Zulkarnain menjelaskan Tim PLN langsung terjun menormalkan jaringan listrik pascakejadian hujan es di Kabupaten Bandung, Minggu (22/7) kemarin.

"PLN telah melaksanakan upaya cepat untuk mengatasi gangguan yang diakibatkan oleh faktor alam sehingga penormalan jaringan listrik di wilayah tersebut bisa dioptimalkan," kata Herry via surat elktronik yang diterima detikcom, Senin (23/7/2018).


Menurut Herry, informasi gangguan listrik diperoleh pihaknya pada pukul 17.35 WIB. Beberapa jam kemudian atau sekitar pukul 22.57 WIB, dia menjelaskan, listrik sudah kembali berfungsi normal.

"Tim pelayanan teknik telah mengatasi kejadian tersebut dengan menerjunkan sejumlah petugas untuk menormalkan aliran listrik dengan segera," kata Herry.

Berdasarkan catatan PLN, sambung Herry, jumlah gardu terindikasi terdampak faktor alam ini sebanyak 54 unit. Gangguan tersebut sempat mengakibatkan listrik padam di kawasan Cigado, Jl Raya Grand Laswi, Munjul, Jl Bojong Soang, Sukajadi, Matahari Stella, dan Mekarsari.


Sejumlah pohon tumbang menimpa kabel listrik akibat peristiwa hujan es disertai badai. Petugas PLN, menurut dia, langsung bertindak dengan menyingkirkan batang pohon dan memperbaiki kabel.

"Kabel Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) yang kendur dampak dari pohon tumbang dikencangkan. Kemudian dilakukan perbaikan tiang miring dengan estimasi waktu selesai seminggu ini," katanya.

Lebih lanjut Herry menuturkan guna mengantisipasi kejadian serupa tidak terulang, PT PLN akan memaksimalkan pemangkasan pohon besar dan percepatan progres pekerjaan relokasi SUTM yang rusak karena kejadian tersebut.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed