DetikNews
Selasa 17 Juli 2018, 11:08 WIB

Kepala Daerah Terpilih, Dengarkan Pesan Dekan Fisip Unpas Ini

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Kepala Daerah Terpilih, Dengarkan Pesan Dekan Fisip Unpas Ini Dekan Fisip Unpas Budiana. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung - Bandung - Pilkada serentak 2018 di Jawa Barat telah usai. Para kepala daerah terpilih tengah bersiap menduduki jabatan baru. Namun sebelum dilantik dunia kampus punya pesan, apa itu?

"Di era keterbukaan saat ini, seorang kepala daerah yang dipercayai pemilihnya, masyarakatnya, sudah tidak bisa menggunakan pola asal-asalan," ujar Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Universitas Pasundan (Unpas) Budiana di Kampus Unpas, Jalan Lengkong, Kota Bandung, Selasa (17/7/2018).


Pola yang dimaksud Budiana ialah soal pembangunan daerah. Dalam proses pembangunan suatu daerah, kata dia, tak bisa lepas dari kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM).

Budiana mengatakan dalam hal ini universitas berperan penting dalam pembentukan SDM yang unggul. Oleh karenanya, Budiana berpesan kepada Gubernur dan para Bupati/Wali Kota terpilih di Jabar untuk tidak mengesampingkan dunia perguruan tinggi.

"Dalam bidang SDM, pemerintah daerah atau kepala daerah membutuhkan tangan-tangan lain. Proses kemitraan harus terjalin di satu daerah. Maka, kembali lagi kepala daerah terpilih, jangan sampai melupakan perguruan tinggi," katanya.


Salah satu yang dapat dilakukan kepala daerah pada dunia perguruan tinggi ialah dengan memberikan bantuan fasilitas yang diperlukan untuk pengembangan SDM. Menurut Budiana, pemerintah daerah sepatutnya tak tanggung-tanggung untuk memberikan bantuan dengan mekanisme kemitraan.

"Saya kira lembaga pendidikan dibina, ditingkatkan dan harus diperhatikan. Fasilitasi, kalau bisa jangan terpaku terhadap Perda (Peraturan Daerah), APBD dan anggaran saja. Misalnya membantu perguruan tinggi enggak bisa lebih dari x rupiah, dalam konteks kemitraan seharusnya ada upaya lain. Karena bicara fasilitasi perguruan tinggi, contoh di Fisip Unpas hampir 80 persen mahasiswa warga Jawa Barat, warganya gubernur," tuturnya.


Di samping itu, pihaknya juga berpesan agar pemerintah daerah tak selalu mementingkan universitas negeri. Menurutnya, universitas swasta juga sama pentingnya untuk proses pengembangan SDM.

"Seorang Gubernur, Bupati dan Wali Kota harus bersikap adil, jangan negeri minded. Swasta juga diperhatikan," ujar Budiana.
(dir/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed