DetikNews
Selasa 10 Juli 2018, 13:51 WIB

Polisi Terus Kumpulkan Cerita Utuh Rekayasa Nining Tenggelam

Syahdan Alamsyah - detikNews
Polisi Terus Kumpulkan Cerita Utuh Rekayasa Nining Tenggelam Kapolresta Sukabumi AKBP Susatyo Purnomo (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi - Polresta Sukabumi benar-benar dibuat sibuk saat mengungkap kembalinya Nining Sunarsih yang selama 1,5 tahun disebut hilang akibat tenggelam di Pantai Palabuhanratu. Selain membentengi isu-isu mistis, polisi bekerja keras mengungkap kasus tersebut menjadi logis.

Kerja keras polisi membuahkan hasil. Hanya dalam hitungan hari, rekayasa hilangnya Nining dibongkar polisi. Nining 'mati tenggelam' untuk menghindari dan menghapus utang Rp 35 juta ke bank. Meski begitu, polisi tetap mengedepankan azas kehati-hatian mengingat kondisi Nining yang saat ini mengalami depresi berat.


Pengamatan detikcom dalam setiap wawancara, beberapa kali Kapolresta Sukabumi AKBP Susatyo Purnomo menepuk jidatnya saat berhadapan dengan sejumlah wartawan yang ingin mengkonfirmasi soal Nining.

"Sudah ya, sudah terungkap. Ini bukan kisah mistis soal Bu Nining diculik Nyi Roro Kidul di pantai selatan yang ramai diisukan oleh sebagian masyarakat. Ini sudah logis dan kita ungkap ini rekayasa," kata Susatyo, Selasa (10/7/2018).

Sejak kasus Nining menjadi perhatian publik, peranan polisi terlihat dominan, mulai dari merekomendasikan penanganan medis hingga meminta keluarga Nining untuk tenang.

Banyak yang tidak tahu saat upaya polisi meminta Nining untuk dirawat, pihak keluarga sempat menolak dengan alasan tak punya biaya. Lalu Susatyo memberikan jaminan perawatan Nining ditanggung pihaknya.

"Utama bagi kami, kegaduhan ini cepat terungkap. Jangan sampai masyarakat riuh dan mengaitkannya dengan hal gaib. Sejak awal kepada media sudah saya jelaskan, ini logis dan Bu Nining bukan hilang tenggelam, tapi hilang saja. Terbukti tidak ada yang tenggelam kan? Justru yang ada rekayasa atau pura-pura tenggelam saat pulang penuh pasir," beber Susatyo.

Tonton juga 'Cerita Tenggelamnya Nining 1,5 Tahun Lalu Hoax, Apa Motifnya?':

[Gambas:Video 20detik]


Sejak Nining bikin geger, Susatyo mengaku telepon genggamnya tidak berhenti berdering. Selain wartawan yang ingin mengkonfirmasi, ada koleganya yang sekadar menanyakan soal kisah Nining tersebut.

"Ada yang nanya update pemeriksaan terbaru, ada yang tanya soal cerita dari awal sampai terungkap. Ada yang sekedar nanya, beneran itu hilang tenggelam lalu pulang setelah 1,5 tahun dan banyak lagi," cerita Susatyo.

"Kalau sekarang sudah mulai tenang, tinggal sedikit-sedikitlah update perkembangan penyelidikan. Komitmen saya harus terungkap sampai rangkaian ceritanya utuh," ujar Susatyo.


Polisi Terus Kumpulkan Cerita Utuh Rekayasa Nining Tenggelam

(sya/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed