DetikNews
Jumat 06 Juli 2018, 10:39 WIB

Ringkus Kurir Ganja di Bandung, Polisi Sita 49 Kg Ganja

Wisma Putra - detikNews
Ringkus Kurir Ganja di Bandung, Polisi Sita 49 Kg Ganja Kapolres Bandung AKBP Indra Hermawan rilis kasus ganja 49 kilogram. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Bandung - Satres Narkoba Polres Bandung meringkus seorang kurir narkoba berinisial RNA di Jalan Raya Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat dengan barang bukti ganja seberat 49 kilogram.

Pengungkapan bermula dari laporan warga pada 23 Juni 2018 lalu. Tim di bawah kendali Kasatres Narkoba Polres Bandung AKP Wahyu Agung langsung melakukan pengintaian selama sepekan hingga pada 1 Juli pemuda berumur 20 tahun itu ditangkap.

"Tanggal 1 Juli sekitar Pukul 1.00 WIB anggota melakukan penangkapan kepada RNA dengan barang bukti satu paket besar diduga ganja," ujar Kapolres Bandung AKBP Indra Hermawan saat rilis di Mapolres Bandung, Jumat (6/7/2018).

Tak berselang lama tim langsung melakukan pengembangan dan mengarah pada barang bukti lain yang tersimpan di rumah kontrakan RNA.

"Kemudian dilakukan penggeledahan, ditemukan sekitar 49 (paket ganja) lainnya. Totalnya 49 kilogram," ucapnya.

Foto: Wisma Putra

Saat ini polisi masih melakukan pengembangan terhadap kasus tersebut. Dari penyelidikan sementara ganja tersebut dibawa oleh seseorang dari Aceh masuk melalui Cianjur. "Kita juga sudah tetapkan satu orang berinisial D alias Roni sebagai DPO," katanya.

Akibat perbuatannya RNA dijerat UU No 35 tahun 2009 Pasal 114 ayat (2), Pasal 112 ayat (2) dan Pasal 127 ayat (1) tentang narkotika dengan ancaman hukuman penjara seumur hidup.

Sementara itu RNA mengaku hanya bertugas sebagai kurir. Ia mengedarkan ganja tersebut ke sekitar Bandung dengan modus tempel di pohon atau tempat sampah.

RNA mengatakan barang yang ia miliki berasal dari D yang kini sudah ditetapkan sebagai DPO. Setiap kali mengantar ganja 1 kilogram, ia mendapat upah Rp 500 ribu.

"Satu kali kirim diberi Rp 500 ribu, saya baru dua kali kirim. Uangnya buat main aja," ujar RNA.
(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed