Pilkada Serentak 2018

KPU Kota Bandung dan Bandung Barat Lakukan Rekapitulasi Pilkada

Mukhlis Dinillah, Rachmadi Rasyad - detikNews
Kamis, 05 Jul 2018 16:45 WIB
Foto: Ilustrasi oleh Zaki Alfarabi
Bandung - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat (KBB) tengah merekapitulasi surat Pilgub Jabar hasil penghitungan di tingkat kecamatan. Rekapitulasi diprediksi selesai dalam waktu sehari.

Rekapitulasi surat suara Pilgub Jabar dilakukan KPU Kota Bandung bersama Panwaslu, tim sukses dan saksi di Hotel Papanyan, Jalan Gatot Soebroto, Kota Bandung, Kamis (5/7/2018).


Ketua KPU Kota Bandung Rifki Alimubarok mengatakan rekapitulasi dilakukan terhadap surat suara Pilgub Jabar di 30 kecamatan. Setiap panitia tingkat kecamatan akan memaparkan hasil penghitung surat suara.

"Jadi setiap kecamatan memaparkan hasil penghitungan suara. Nanti oleh kami direkap," kata Rifqi di lokasi.

Pantauan detikcom, penghitungan dilakukan panitia tiap kecamatan dengan menampilkan surat suara yang disimpan dalam satu kotak suara. Kemudian mereka memparkan hasil penghitungan. Bila peserta rapat menyatakan sah, maka pimpinan sidang akan mengetok palu dan melanjutkan proses rekapitulasi. Setelah selesai, KPU membuat berita acara untuk diserahkan ke KPU Jabar.

"Mudah-mudahan rekapitulasi Pilgub Jabar selesai sore ini," ujarnya.


Sementara itu KPU KBB melakukan rekapitulasi di Hotel Mason Pine, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Menurut Iing Nurdin, Ketua KPU KBB, rekapitulasi ini ialah puncak dari rangkaian proses penghitungan suara yang sebelumnya dilakukan di TPS pada 27 Juni.

Iing mengatakan rekapitulasi merupakan upaya penyesuaian kembali atas hasil penghitungan yang telah dilakukan di tingkat kecamatan dengan mendatangkan saksi dan Panwas.

"Hasil rekap di tingkat PPK ini kita rekap kembali dengan disaksikan oleh saksi dan Panwas untuk kita lihat hasilnya, apakah ada perbaikan-perbaikan atau sudah sesuai dengan hasil rekap di tingkat PPK," kata Iing.

Usai melakukan rekapitulasi, KPU KBB akan memberikan waktu selama tiga hari pada Paslon yang tidak terpilih untuk melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) jika keberatan dengan hasilnya. Namun jika tidak ada gugatan, penetapan pasangan terpilih akan dilakukan.

"Tahapan setelah ini kita penetapan hasil, kemudian tiga hari kita berikan kesempatan bagi calon tidak terpilih, mudah-mudahan tidak ada keberatan," ujarnya.


Dua KPU tersebut tidak hanya melakukan rekapitulasi untuk hasil penghitungan Pilgub Jabar 2018. KPU Kota Bandung juga melakukan rekapitulasi untuk Pilwalkot Bandung sementara KPU KBB melakukan rekapitulasi Pilbup Bandung Barat. (mud/tro)