DetikNews
Minggu 24 Juni 2018, 10:09 WIB

Hari ini Ridwan Kamil Kembali Jadi Wali Kota Bandung

Mukhlis Dinillah - detikNews
Hari ini Ridwan Kamil Kembali Jadi Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (kiri), M Solihin (tengah) dan Oded M Danial (kanan). (Foto: Mukhlis Dinillah/detikcom)
Bandung - Setelah empat bulan cuti untuk kampanye Pilgub Jabar, Ridwan Kamil kini kembali menjabat Wali Kota Bandung. Ia berjanji akan bekerja menyelesaikan tugasnya yang sempat tertunda.

Proses kembalinya Ridwan ditandai serah terima jabatan secara simbolik dengan Pjs Wali Kota Bandung M Solihin di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung, Sabtu (23/6/2018) malam. Turut hadir Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial yang juga kembali bertugas setelah cuti untuk kampanye Pilwalkot Bandung.

Emil sapaan akrab Ridwan Kamil mengaku lega roda pemerintahan Kota Bandung berjalan dengan baik selama empat bulan terakhir. Hal ini tak lepas dari peran pengganti sementaranya, M Solihin.

"(Pjs) Wali Kota Bandung yang sudah bertugas luar biasa 130 hari. Ciri luar biasa itu berita-berita miringnya sedikitlah, kira-kira begitu. Jadi artinya sistem pemerintahan pelayanan publik terkendali," kata Emil.

Ia mengaku sempat khawatir saat awal-awal meninggalkan Kota Bandung untuk cuti kampanye. Namun setelah Solihin turun tangan kekhawatirannya itu sirna.

"Kepada beliau (Solihin) saya ucapkan terima kasih. Selamat kembali bertugas Pak Solihin di Pemerintah Provinsi (Jabar). Kami punya sahabat sekarang yang lebih paham tentang masalah Bandung," tuturnya.

Pria berkacamata itu juga bersyukur karena selama meninggalkan Kota Bandung ada tujuh penghargaan baru. Ia berharap prestasi ini terus berlanjut.

"Tentunya itu adalah tradisi kualitas prestasi yang memang Bandung selalu perlihatkan. Harus dipertahankan," ujarnya.

Ia berjanji akan kembali fokus melayani masyarakat dengan menaati segala peraturan dan etika sebagai Wali Kota Bandung di tengah pencalonannya sebagai Cagub Jabar 2018.

"Mulai besok Senin dan seterusnya saya tidak boleh ngomong politik lagi. Saya akan turun ke lapangan mengecek infrastruktur, banyak laporan mengecek keamanan dan lain sebagainya," katanya.

Sementara itu M Solihin mengaku bersyukur telah menyelesaikan tugasnya menjadi Pjs Wali Kota Bandung. Selama menjabat ia merasa dimudahkan oleh perencanaan dan pelaksanaan yang dirancang oleh Pemkot Bandung.

"Saya laksanakan tugas selama 130 hari sangat dimudahkan. Alhamdulillah semua perangkat daerah juga bisa melaksanakan tugas sesuai dengan perencanaan yang sudah dibuat sehingga bisa berjalan sesuai yang sudah ditetapkan oleh Pemkot Bandung," kata Solihin.
(mud/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed