DetikNews
Kamis 21 Juni 2018, 13:31 WIB

Anjing Pelacak Jaga Area Final Debat Pilgub Jabar

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Anjing Pelacak Jaga Area Final Debat Pilgub Jabar Ilustrasi anjing pelacak. (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Bandung - Debat final Pilgub Jabar 2018 rencananya digelar di Grand Ballroom Sudirman, Jalan Sudirman, Kota Bandung, Jumat 22 Juni 2018. Polisi menambah kekuatan guna menjamin keamanan acara tersebut.

Polrestabes Bandung siap menjalankan tugas pengamanan secara maksimal. Sejumlah alat pengamanan, bahkan hingga anjing pelacak, telah disiapkan untuk mengantisipasi pengunjung membawa barang berbahaya ke area debat Pilgub Jabar.

"Ada empat ekor anjing pelacak yang disiapkan," kata Kapolrestabes Bandung Kombes Hendro Pandowo usai rapat koordinasi pengamanan debat di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Kamis (21/6/2018).


Selain itu, menurut Hendro, pengamanan bukan hanya melekat di lokasi debat. Polisi mengawal masing-masing pasangan calon (paslon) saat pergi dan pulang mengikuti acara debat.

"Masing-masing pasangan akan dikawal dari rumah pemenangan sampai ke lokasi. Begitu juga sebaliknya saat pulang ke rumah," ucapnya.

Selain itu, polisi memetakan kondisi gedung tempat penyelenggaraan final debat Cagub Jabar. Jalur evakuasi apabila terjadi keramaian atau kerusuhan telah disiapkan.

"Termasuk tenaga medis, kita siagakan," kata Hendro.


Sebanyak 524 personel tambahan dikerahkan ke lokasi acara untuk memberi keamanan jalannya debat. "Totalnya ada 1.524 personel dari kita, Polda Jabar dan TNI. Ada penambahan ya, karena kita ingin jalannya debat berlangsung kondisif," ucapnya.

"Intinya, kita siap mengamankan dan menjamin situasi kondusif pelaksanaan debat ketiga ini," kata Hendro menambahkan.
(dir/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed