DetikNews
Rabu 20 Juni 2018, 21:52 WIB

Pilgub Jabar 2018

Relawan Barmil: 60 Persen APK Ridwan Kamil-Uu Dirusak

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Relawan Barmil: 60 Persen APK Ridwan Kamil-Uu Dirusak Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum. (Foto: Mochamad Solehudin/detikcom)
Bandung - Relawan pasangan calon (paslon) Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum menilai proses Pilgub Jabar 2018 ternoda. Sebab relawan mengklaim sejumlah alat peraga kampanye (APK) milik paslon berjuluk 'Rindu' ini diduga sengaja dirusak.

Hal itu disampaikan Ketua Relawan Barisan Ridwan Kamil (Barmil) Jabar Bagus Machdiantoro melalui keterangan resmi yang diterima detikcom, Rabu (20/6/2018). "APK seperti spanduk, baliho dan mini banner 'Rindu' yang dipasang di beberapa daerah nyaris 60 persen dirusak. Ini mencederai proses demokrasi Pilkada," kata Bagus.


Hasil inventarisir, Bagus menjelaskan, perusakan APK 'Rindu' terjadi di beberapa daerah yaitu kawasan Priangan Timur, Garut, Tasikmalaya dan Kabupaten Bandung. Berdasarkan laporan relawan di lapangan, menurut Bagus, perusakan APK dilakukan secara masif.

Saat ini, pihaknya tengah mendokumentasikan spanduk, baliho dan mini banner yang dirusak tersebut untuk dilaporkan ke Bawaslu dan Panwaslu dalam waktu dekat.

"Dipasang malam, besoknya sudah sobek atau bolong," katanya.


Menanggapi persoalan tersebut, Bagus meminta para relawan untuk tetap tenang dan tidak terpancing. Bahkan dia meminta agar Relawan Barmil tak membalas dengan perbuatan serupa. Bagus meminta relawan untuk santun dan bersahabat dalam mensosialisasikan visi dan misi serta program 'Rindu'.

"Karena tindakan demikian (merusak) hanya akan mencederai proses demokrasi yang sedang kita bangun bersama. Biarlah spanduk, baliho, mini banner 'Rindu' banyak dibolongin. Semoga di TPS nanti, semakin banyak pula surat suara Rindu yang dibolongin," kata Bagus.
(dir/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed