DetikNews
Kamis 14 Juni 2018, 14:40 WIB

Sempat Macet Parah di Nagreg, Polisi Terapkan Contra Flow

Wisma Putra - detikNews
Sempat Macet Parah di Nagreg, Polisi Terapkan Contra Flow Jalur Cileunyi mengarah Nagreg. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
FOKUS BERITA: Jalur Mudik 2018
Kabupaten Bandung - H-1 Lebaran 2018, Kamis (14/6), arus lalu lintas di jalur mudik selatan Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, terpantau ramai lancar. Polisi memberlakukan contra flow di jalur tersebut untuk menguras antrean kendaraan dari arah Bandung menuju Garut dan Tasikmalaya.

"Tadi malam sempat mengekor sampai Nagrog. Karena di situ ada bottle neck dan kontur jalannya agak sedikit menanjak, oleh karena itu kami laksanakan contra flow dipimpin oleh wakapolda Jabar," kata Kasatlantas Polres Bandung AKP Dony Eko Wicaksono di Pos Polisi Cileunyi.


Dony mengungkapkan contra flow itu berlangsung mulai Pos PAM Nagrok hingga ke jalur Lingkar Barat Nagreg. "Sekitar dua hingga tiga kilometer kami bisa menyerap kendaraan dari arah Bandung yang terhambat karena penyempitan jalur," ungkapnya.

Sejak H-7 Lebaran, contra flow baru pertama dilakukan pada H-1 dinihari. Contra flow itu dilakukan selama kurang lebih 20 menit, yang bertujuan untuk menguras antrean kendaraan yang diakibatkan oleh penyempitan jalur.

Pantauan arus lalu siang ini sekitar Pukul 13.30 WIB dari arah Cileunyi menuju Nagreg sudah kembali normal. Beda dengan H-2 dan H-1 dinihari yang mengalami peningkatan volume kendaraan sehingga terjadi kemacetan di jalur tersebut.

"Sekarang sudah normal seperti hari-hari biasa," ujar Dony.


Meski arus lalu lintas di jalur tersebut sudah kembali normal. Pihaknya akan terus melaksanakan pengamanan lalu lintas di jalur tersebut untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan pemudik lokal pada H 1 dan H 2. Selain itu, contra flow akan kembali dilakukan situasional.

"CB (cara bertindak) tetap sama dilaksanakan contra flow baik itu Limbangan dan Leles. Kita lihat juga, apabila dibutuhkan dan diperlukan untuk CB contra flow di Nagrog kita akan laksanakan besok, sambil menunggu kegiatan masyarakat setelah salat Idul Fitri," kata Dony.
(bbn/bbn)
FOKUS BERITA: Jalur Mudik 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed