DetikNews
Selasa 12 Juni 2018, 15:13 WIB

Jelang Lebaran, Pemkot Bandung Dorong Warga Beli Ayam Beku

Tri Ispranoto - detikNews
Jelang Lebaran, Pemkot Bandung Dorong Warga Beli Ayam Beku Daging ayam beku. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Bandung - Menjelang Lebaran 2018, harga sejumlah bahan pokok di pasar Kota Bandung mulai merangkak naik. Hal itu disebabkan oleh permintaan yang meningkat dan beberapa di antaranya sedang mengalami kelangkaan.

Pjs Wali Kota Bandung Muhamad Solihin mengatakan dari hasil pemantauan di Pasar Induk Ciroyom, Selasa (12/6/2018), didapati sejumlah bahan pokok yang mulai mengalami kenaikan harga.

"Tadi itu yang kelihatannya signifikan cabai tanjung dari 36 ribu rupiah menjadi 80 ribu rupiah per kilogram," ujar Solihin.


Terkait hal itu pihaknya akan melakukan penelusuran untuk mengetahui penyebab harga naik hingga dua kali lipat lebih. "Mungkin nanti kita akan buat upaya intervensi agar harganya bisa ditekan," katanya.

Sementara itu harga daging sapi segar dinilainya masih relatif stabil Rp 100-120 ribu per kilo. Sedangkan untuk daging sapi beku masih kisaran Rp 80 ribu per kilogram.

Hal itu berbanding terbalik dengan harga daging ayam broiler yang mulai merangkak naik kisaran Rp 40-45 ribu per kilogram. Padahal beberapa waktu lalu sempat turun karena diintervensi menggunakan daging ayam beku dengan harga Rp 22,5-33 ribu tergantung berat.

"Makanya kita berikan pilihan agar masyarakat terbiasa dengan daging beku ini. Tidak usah khawatir karena kualitas sama bahkan lebih baik," ujarnya.


Bahkan, kata Solihin, ayam broiler tradisional yang ia lihat saat peninjauan masih menyisakan bulu halus. Itu berbeda dengan daging beku yang dipastikan sudah sangat bersih bahkan bebas dari bakteri karena disimpan pada suhu dingin.

"Kita lihat kalau permintaan semakin banyak maka kita akan tambah. Kita sesuaikan saja karena penyuplai sudah menyanggupi," ucap Solihin.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung Elly Wasliah memastikan stok daging sapi dan ayam menjelang lebaran ini aman meski permintaan dipastikan meningkat hingga dua kali lipat.

"Jika ada kenaikan harga karena permintaan sedang meningkat, jadi wajar. Tapi lebaran ini kita pasokan daging ayam dan sapi insyaallah aman," ujar Elly.


(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed