DetikNews
Selasa 05 Juni 2018, 16:02 WIB

Video Kocak Youtuber Soroti Garut Punya 2 Lampu Merah

Hakim Ghani - detikNews
Video Kocak Youtuber Soroti Garut Punya 2 Lampu Merah Video dua pria membahas ada dua lampu merah di Garut. (Foto: tangkapan layar YouTube)
Garut - Ramai diperbincangkan warganet soal Kabupaten Garut, Jawa Barat, cuma punya dua unit lampu lalu lintas atau traffic light. Saking terkenal keberadaan dua titik lampu merah itu, Youtuber pernah menyorotinya.

Akun Youtube Dadang Konelo mengunggah sebuah video berjudul 'DADANG KONELO - 8 HAL HAL UNIK YANG ADA DI GARUT. Video berisi dialog dua pria tampil kocak itu diunggah pada 30 Agustus 2016, jauh sebelum isu ini menjadi viral di media sosial (medsos) belakangan ini.


Dilihat detikcom, Selasa (05/06/18) siang, pada video berdurasi 11.44 menit tersebut, dua pemuda saling bercerita menggunakan bahasa Sunda. Pembahasan mengenai Garut yang hanya memiliki dua lampu merah masuk urutan kedua hal-hal unik di Garut versi mereka.

"Yang kedua (hal unik yang ada di Garut), silakan," ujar pria yang menggunakan jaket abu-abu dalam video tersebut.

"Anu aneh di Garut nya (yang aneh di Garut ya), lampu merah ada dua," ujar pria bertopeng dalam video itu sambil tertawa.

"Aya tilu sebenerna (ada tiga sebenarnya), hiji di Cimaragas (satu di Jalan Raya Garut-Tasik) ngan eta mah lampuna hejo terus (cuma lampunya hijau terus)," sambung pria bertopeng.

[Gambas:Youtube]


Video tersebut ditonton lebih dari 35 ribu kali. Video itu juga mendapat beragam reaksi dari warganet. Saat dihubungi detikcom, pemilik akun mengungkapkan alasannya mengunggah video tersebut.
"Kesal, karena lampu merah cuman ada dua. Berikut dua itu yang satu tidak tertib," ujar pemilik akun Dadang Konelo via pesan singkat, Selasa (5/6/2018) siang, sekitar pukul 13.59 WIB.

Sebagai warga asli Garut, ia mengaku malu lantaran permasalahan Garut yang hanya mempunyai dua traffic light kerap menjadi guyonan dan ejekan teman-temannya di luar kota.

Dadang berharap setelah videonya viral, pemerintah cepat menambah lampu merah di jalanan Garut. Sebab, sambung dia, saat ini kerap terjadi kemacetan di pusat perkotaan lantaran volume kendaraan yang makin bertambah.

"Sekarang banyak kendaraan. Seharusnya ditambah, jadi tertib. Enggak macet," kata Dadang.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed