DetikNews
Kamis 17 Mei 2018, 14:36 WIB

14 Jam Ngumpet, Macan Tutul Pingsan Diterjang Peluru Bius

Syahdan Alamsyah - detikNews
14 Jam Ngumpet, Macan Tutul Pingsan Diterjang Peluru Bius Macan tutul berhasil dilumpuhkan petugas. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom).
Sukabumi - Macan tutul yang ngumpet di kolong rumah Hendi alias Goci (53), warga Kabupaten Sukabumi, berhasil dilumpuhkan dokter hewan dari Taman Safari Indonesia (TSI). Macan itu tumbang tak sadarkan diri setelah kena tembakan.

Satwa tersebut bersembunyi selama 14 jam di kolong rumah atau sejak Rabu (16/5) sekitar pukul 23.30 WIB hingga Kamis (17/5/2018) siang pukul 13.30 WIB.


Setelah dua kali gagal, dokter berhasil memuntahkan peluru bius ke tubuh bagian belakang hewan tersebut. "Tadi terlalu banyak batu dan rintangan di bawah kolong. Kami sulit menembakkan langsung senjata bius ke bagian pantat hewan itu," kata Bongot, dokter hewan dari TSI, saat berbincang dengan detikcom di lokasi, Kampung Perbawati, Desa Perbawati, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (17/5/2018).

Wah! Ini dia video macan tutul ngumpet di kolong rumah warga Sukabumi:



Sebelumnya tim medis sempat mengelilingi rumah milik Goci. Posisi macan tutul sempat berpindah-pindah karena merasa terganggu.

"Ini tolong ditutup lagi dengan papan kayu, sekeliling saja. Takutnya sudah ketembak dia (macan tutul) lari keluar," teriak Bongot, kepada timnya.

14 Jam Ngumpet, Macan Tutul Pingsan Diterjang Peluru Bius Petugas dan warga saat mengevakuasi macan tutul yang kena tembakan bius. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom).
Hewan liar itu menyerah usai kena tembakan bius. Petugas harus membongkar lantai rumah untuk mengambil macan tutul.

"Cairan bius medetomidin dan ketamin, biasanya sepuluh menit baru bereaksi. Setelah benar-benar tidak sadar, baru kita ambil," tuturnya.


Petugas lalu membongkar lantai rumah milik Goci. Hewan yang sudah dalam keadaan tidak sadar ini dibopong petugas. Macan tutul itu diperkirakan berusia muda.

Ukurannya hanya sekitar tiga kali kucing rumahan. Panjangnya sekitar 130 sentimeter dan tinggi sekitar 40 sentimeter. Macan tutul tersebut langsung ditangani tim medis.

[Gambas:Video 20detik]


(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed