DetikNews
Kamis 10 Mei 2018, 20:39 WIB

Ziarah ke Cirebon, Relawan Jokowi Doakan 5 Polisi Gugur

Sudirman Wamad - detikNews
Ziarah ke Cirebon, Relawan Jokowi Doakan 5 Polisi Gugur Suasana relawan Jokowi saat ziarah ke Makam Sunan Gunungjati di Cirebon. (Foto: istimewa)
FOKUS BERITA: Rusuh di Mako Brimob
Cirebon - Relawan Joko Widodo (Jokowi) yang tergabung dalam Silaturahmi Nasional (Silatnas) berziarah ke kompleks pemakaman Sunan Gunungjati, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Pimpinan rombongan ziarah relawan Jokowi, Jhoni Kurniawan menjelaskan selain menyambut bulan Ramadan, agenda ziarah bertujuan mendoakan lima polisi yang gugur saat kerusuhan di rutan area Mako Brimob, Depok.

"Ziarah ini untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah. Terlebih akan memasuki Ramadan, tujuannya agar relawan Jokowi benar-benar siap lahir batin menjalankan ibadah puasa. Secara khusus, kami juga mendoakan lima anggota kepolisian yang menjadi korban terorisme di Mako Brimob," kata Jhoni dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Kamis (10/5/2018).

Jhoni menuturkan para relawan berkumpul terlebih dahulu Masjid Sunda Kelapa Menteng sebelum menuju makam Sunan Gunungjati. Dia berharap agenda ziarah bisa meningkatkan keimanan dan ketakwaan seluruh relawan Jokowi.

"Apalagi saat ini tengah marak fitnah dan hoax untuk mengadu domba antar sesama anak bangsa," kata Jhoni.

Sementara itu, Umar Maya Ibnu Fajar, selaku koordinator lapangan, menyampaikan belasungkawa atas gugurnya lima anggota kepolisian. Relawan Jokowi juga engapresiasi langkah kepolisian yang berhasil mengendalikan situasi di rutan area Mako Brimob.

"Kita mengapresiasi tinggi proses pengendalian situasi dan pemulihan keamanan pihak kepolisian. Masyarakat Indonesia berada di belakang aparat penegak hukum dalam upaya menumpas kejahatan terorisme," kata Fajar.

Ziarah ke Cirebon, Relawan Jokowi Doakan 5 Polisi GugurSuasana relawan Jokowi saat ziarah ke Makam Sunan Gunungjati di Cirebon. (Foto: istimewa)
Fajar menegaskan Indonesia tak akan memberikan ruang bagi gerakan-gerakan radikalisme dan terorisme. Karena, gerakan tersebut, lanjutnya, bisa mengancam stabilitas keamanan negara.

"Teroris adalah musuh bersama seluruh rakyat Indonesia, tidak ada tempat bagi kejahatan terorisme di Indonesia. Kami, relawan Jokowi mendukung penuh pihak kepolisian untuk membumi hanguskan terorisme," jelas Fajar.

Relawan Jokowi juga mengajak masyarakat untuk terus menjaga dan meningkatkan keimanan kita kepada Allah. Salah satunya dengan dengan menjaga diri dan tidak turut menyebarkan informasi yang diragukan kebenarannya, agar tidak mudah terprovokasi.

Selain ziarah ke makam Sunan Gunungjati, pekan lalu relawan Jokowi yang tergabung dalam Silatnas ini bertamu ke keluarga Keraton Kasepuhan Cirebon. Sebelumnya, relawan Jokowi juga berziarah ke makam Syech Sultan Maulana Hasanuddin di Serang Banten.
(bbn/bbn)
FOKUS BERITA: Rusuh di Mako Brimob
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed