detikNews
Senin 07 Mei 2018, 10:36 WIB

Ini Dalih 8 Personel Polres Sukabumi Gelapkan Barbuk Sabu

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Ini Dalih 8 Personel Polres Sukabumi Gelapkan Barbuk Sabu Foto: Ilustrasi: Mindra Purnomo/detikcom
Bandung - Delapan personel Polres Sukabumi dituding menggelapkan barang bukti (barbuk) narkotik jenis sabu. Mereka diringkus personel Polda Jabar. Apa alasan oknum anggota Satresnarkoba Polres Sukabumi ini nekat menyisihkan barbuk sabu?

Oknum polisi terlibat kasus ini terdiri Iptu S, Aipda IS, Bripka BS, Bripka F, Brigadir AA, Brigadir DZ, Briptu BM, dan Bripda CS. Proses penangkapan mereka berlangsung di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (3/5).


Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto membenarkan adanya kasus tersebut. Saat ini kedelapan anggota tersebut sudah dibawa ke Mapolda Jabar untuk dilakukan pemeriksaan.

"Iya, lagi kita periksa secara mendalam," ujar Agung kepada wartawan lewat pesan singkat, Senin (7/5/2018).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, personel Satresnarkoba Polres Sukabumi itu awalnya mendapatkan barang bukti sabu dari hasil penggerebekan kepada salah seorang pengedar di kawasan Pelabuhan Ratu, Sukabumi. Kala itu, personel mendapati barang bukti sabu sebanyak 180 gram yang sudah disimpan pelaku di sebuah tempat.

Salah satu personel, Aipda IS, menyisihkan sedikit barbuk sitaan tersebut untuk kepentingan pribadi. Sementara sisa barbuk dibawa ke Mapolres Sukabumi untuk diserahkan sebagai hasil temuan.


Namun ternyata sisa barang bukti yang diserahkan ke perwira menengah Satuan Narkoba Polres Sukabumi dibagi-bagikan lagi kepada anggota. Ada lima orang yang masing-masing mendapatkan satu gram sabu.

"Pembagian itu atas inisiatif anggota dengan alasan kepentingan dinas atau memberi kepada cepu atau informan," ucap sumber kepolisian.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com