DetikNews
Kamis 26 April 2018, 13:59 WIB

Berhasil Turun 80 Kg, Ariya Permana Tekad Tamat Puasa Tahun Ini

Luthfiana Awaluddin - detikNews
Berhasil Turun 80 Kg, Ariya Permana Tekad Tamat Puasa Tahun Ini Ariya pada tahun 2017 lalu/Foto: Ariya Permana bocah berbobot 188 Kg (Tri Ispranoto/detikcom)
Karawang - Ariya Permana, bocah yang dinobatkan MURI sebagai anak dengan bobot terberat sedunia sedang berjuang mencapai berat badan ideal. Jelang Ramadan tahun ini, Ariya bertekad menamatkan puasa untuk pertama kali dalam hidupnya.

"Tahun ini pengennya tamat puasa. Kalau dulu nggak pernah tamat, biasanya cuma setengah hari," ujar Ariya Permana saat ditemui detik di sekolahnya SDN I Cipurwasari, Kampung Pasir Pining, Desa Cipurwasari, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Rabu pagi (25/4/2018).

Ariya mengaku malu tak bisa berpuasa full. Ia pun merasa optimistis bisa berpuasa di tahun ini. "Soalnya malu om. Sekarang kan udah gede. Apalagi nanti habis SD mau ke pesantren. Belajar ilmu agama," kata Ariya


Niat Ariya mendapat dukungan penuh keluarganya. Ade Sumantri, ayah kandung Ariya menyatakan sudah waktunya Ariya dibiasakan berpuasa dengan tertib. "Karena sebentar lagi akil baligh. Intinya kita mendorong Ariya untuk bisa berpuasa seperti orangtua dan kakak - kakaknya. Selain daripada itu untuk bisa lebih menahan lapar dan sekalian dietnya jadi lancar," kata Ade.

Ari
Ariya saat ini yang berhasil menurunkan 80 kgAriya saat ini yang berhasil menurunkan 80 kg Foto: Luthfiiana Awaluddin

Ade berharap, di Bulan Ramadan nanti, Ariya bisa belajar ibadah dan mengendalikan nafsu makannya. "Kalau kami dari keluarga berharap Ariya bisa belajar ibadah, sekaligus berat badan Ariya tetap bisa turun. Mudah - mudahan di akhir puasa, bisa mencapai 100 (kilogram)," kata Ade.


(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed