DetikNews
Rabu 25 April 2018, 17:55 WIB

Pilwalkot Bandung 2018

Oded Siapkan Bus Khusus PNS Sebagai Solusi Kemacetan

Tri Ispranoto - detikNews
Oded Siapkan Bus Khusus PNS Sebagai Solusi Kemacetan Oded M Danial (Foto: Tri Ispranoto/detikcom).
Bandung - Calon Wali Kota Bandung Oded M Danial punya program jika menang di Pilwalkot Bandung 2018. Dia bakal menyiapkan bus khusus pegawai sipil negeri (PNS) sebagai solusi kemacetan di Kota Bandung.

Oded menyebut bus tersebut akan melakukan penjemputan di sejumlah titik terutama daerah perbatasan gerbang masuk Kota Bandung. "Bus ini nanti disediakan untuk melayani ASN (aparatur sipil negara) sekaligus mengurangi ketergantungan moda transportasi mereka yang selama ini menggunakan kendaraan pribadi. Dengan begitu kemacetan bisa dikurangi," kata Oded dalam rilis yang diterima detikcom, Rabu (25/4/2018).

Menurut Oded sejauh ini ada 20 ribu pegawai pemerintahan di lingkungan Pemkot Bandung yang menggunakan kendaraan pribadi dari rumah menuju tempat kerja.

Kondisi itu, kata Oded, membuat sejumlah tempat kerja tidak lagi mampu menampung parkir kendaraan. Sehingga kerap terjadi kemacetan akibat kendaraan yang parkir tidak pada tempatnya. Bahkan tidak sedikit kendaraan yang parkir menyalahi aturan.

"Makanya kami ingin ini ada solusi. Kami ingin warga tetap bisa beraktivitas dengan lancar, dan kebutuhan transportasi ASN tetap bisa kita penuhi," katanya.

Politisi PKS itu menuturkan dalam jangka pendek ia akan melakukan pendataan jumlah pegawai yang tinggal di luar kota dan masih menggunakan kendaraan pribadi. Nantinya data tersebut akan menjadi rujukan di mana saja titik penjemputan bus.

Di sisi lain pemerintah juga akan mendata aset yang nantinya akan digunakan untuk parkir kendaraan pribadi PNS. Sehingga PNS dapat memarkir kendaraannya secara tertib dan berangkat menggunakan bus khusus.

"Misalkan nanti bus dijadwalkan akan siap di parkir perbatasan pukul 5.30 WIB. Kan nanti ASN berangkat dari rumah untuk tepat waktu menuju lokasi parkir itu. Lalu menjemput ASN lain di rute yang terlewati," katanya.

Ia menyadari pro dan kontra pasti akan terjadi jika bus tersebut direalisasikan. Namun Oded yakin dengan kebiasaan baik tersebut bisa menjadi salah satu solusi jitu untuk mengurangi kemacetan di Kota Bandung.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed