DetikNews
Rabu 25 April 2018, 14:42 WIB

Bos Penyalur Kerja di Sukabumi 'Diburu' Puluhan Korban Penipuan

Syahdan Alamsyah - detikNews
Bos Penyalur Kerja di Sukabumi Diburu Puluhan Korban Penipuan Sejumlah korban penipuan tenaga kerja melapor ke polisi. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom).
Sukabumi - Korban penipuan tenaga kerja dengan modus setor uang di Sukabumi diduga mencapai puluhan orang. Mereka berasal dari beberapa daerah berbeda di Jawa Barat, selain Kota Sukabumi ada dari Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur.

Jumlah korban ini terdata melalui grup aplikasi WhatsApp. "Di grup WA hanya ada 50 orang, tapi kalau kita kumpulkan semuanya bisa sampai 70 orang ada yang dari Palabuhanratu dan Cianjur. Dari daerah Pajampangan juga ada," kata Dudi, salah seorang korban, kepada detikcom di Mapolres Sukabumi Kota, Rabu (25/4/2018).

Dudi menjelaskan grup dibuat untuk bertukar informasi sekaligus 'memburu' keberadaan pria inisial R selaku Kepala Cabang PT Investama Komando Security (IKS). Bos PT IKS di Sukabumi tersebut yang melaksanakan perekrutan dan menarik sejumlah uang kepada pelamar kerja.

"Awalnya dulu grup dibuat untuk bertukar informasi status pekerjaan kami, Pak R ini dulunya di grup juga gabung. Tapi setelah ada masalah dia keluar, yang bertahan tinggal dua orang lagi mantan pegawainya," lanjut Dudi.


Menurut Dudi, saat ini kantor perusahaan penyalur tenaga kerja tersebut tidak diketahui keberadaannya. Kantor yang dulunya mengontrak di kawasan Cibatu, Cisaat, itu sudah kosong.

"Kantornya sudah kosong hanya ada bekas spanduk terakhir ke sana, tapi kalau pak R alamatnya di Cicurug. Pernah ke sana tapi hanya ada istrinya," tutur Dudi.

Sejumlah pencari kerja di Sukabumi melaporkan PT IKS karena tak kunjung mempekerjakan mereka. Padahal mereka sudah menyetorkan uang jutaan rupiah agar bisa diterima di perusahaan itu.

Mereka melapor ke ke Sentra Pelayanan Kepolosian (SPK) Polres Sukabumi Kota, di Sukabumi. Informasi dihimpun, mereka menyetorkan sejumlah uang mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 4 juta sebagai syarat masuk kerja kepada PT IKS.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed