Satgas Citarum Kembali Pergoki Pabrik Buang Limbah ke Sungai

Mukhlis Dinillah - detikNews
Kamis, 19 Apr 2018 17:58 WIB
Foto: Istimewa
Bandung - Satgas Gakkum Citarum kembali menemukan pabrik di bantaran anak sungai Citarum yang diduga membuang limbah cair. Tim tengah mengumpulkan sejumlah bukti terkait aktivitas pembuangan limbah tersebut.

Dansektor 21 Citarum Harum Kolonel Yosep Sudrajat mengatakan tim di lapangan menemukan PT Aswindo membuang limbah ke sungai Cibaligo yang berada di Jalan Cibaligo, Kelurahan Cibeureum, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi.

"Kami menemukan aktivitas pembuangan limbah itu sekitar pukul 13.40 WIB. Air limbah berwarna merah darah dibuang ke aliran sungai Cibaligo," kata Yosep via pesan singkat, Kamis (19/4/2018).

Ia menuturkan tim di lapangan sudah mengambil sampel limbah yang diduga dibuang perusahaan tekstil tersebut. Selanjutnya, tim akan melakukan uji laboratorium atas limbah cair itu.

"Sampel dari limbah juga sudah diamankan sebagai barang bukti untuk uji laboratorium," ungkap dia.


Menurutnya langkah selanjutnya tim dari Polda Jabar dan Dinas Lingkungan Hidup akan mendatangi PT Aswindo untuk mengklarifikasi terkait aktivitas pembuangan limbah tersebut. Hal itu untuk menentukan langkah penindakan selanjutnya.

"Nanti yang mendatangi perusahaan itu urusan polisi dan Dinas Lingkungan Hidup," ujar Yosep. (ern/ern)