DetikNews
Kamis 19 April 2018, 16:58 WIB

Racik Miras Maut, Big Bos Terancam Dibui Seumur Hidup

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Racik Miras Maut, Big Bos Terancam Dibui Seumur Hidup Samsudin (ujung kiri) dan istrinya (kedua dari kiri) serta dua pegawainya/Foto: Wisma Putra
Bandung - Samsudin Simbolon, big bos minuman keras (miras) oplosan terancam hukuman seumur hidup. Miras hasil racikannya membuat 45 orang meregang nyawa.

"Ancaman bisa seumur hidup atau hukuman mati," ucap Wakapolri Komjen Syafruddin saat rilis di rumah mewah Samsudin di Jalan Raya Bandung-Garut, Kabupaten Bandung, Jabar, Kamis (19/4/2018).

Syafruddin mengatakan perbuatan Samsudin yang membuat serta menjual miras oplosan terbukti telah melanggar ketentuan yang berada di Pasal 204 KUHPidana tentang peredaran miras oplosan. Dalam ayat dua, disebutkan apabila terdapat orang yang meninggal, penyedia akan dipenjara seumur hidup atau hukuman mati.


"Ketentuannya ada di ayat 2 pasal 204," kata Syafruddin.

Samsudin merupakan big bos yang meracik dan menjual miras oplosan ginseng yang mengandung metanol 3 hingga 8 persen. Ia memproduksi di rumah mewahnya sendiri. Miras oplosan tersebut lalu dijual ke pasaran dengan harga Rp 20 ribu per botol.

Miras buatan Samsudin menuai petaka. Sebanyak 45 orang warga Cicalengka tewas akibat miras oplosan tersebut.

[Gambas:Video 20detik]



(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed