DetikNews
Sabtu 07 April 2018, 09:58 WIB

Sultan Kasepuhan Cirebon Usulkan 4 Nama untuk Bandara Kertajati

Sudirman Wamad - detikNews
Sultan Kasepuhan Cirebon Usulkan 4 Nama untuk Bandara Kertajati Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati Majalengka. (Foto: Achmad Dwi Afriyadi)
Cirebon - Proses pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, beberapa bulan lagi rampung. Namun bandara tersebut belum memiliki nama resmi.

Sultan Sepuh Kasultanan Kasepuhan Cirebon PRA Arief Natadiningrat memiliki inisiatif dengan mengusulkan empat nama untuk BIJB. Pilihannya yaitu Bandara Prabu Siliwangi, Bandara Sunan Gunung Jati, Bandara Kertajati, dan Bandara Jawa Barat.

"Saya, selaku warga Jawa Barat mengusulkan empat nama bandara tersebut untuk dijadikan nama BIJB," kata Arief melalui pesan singkatnya, Sabtu (7/42018).



Fenomena saat ini, sambung Arief, tak sedikit bandara di Indonesia memiliki nama-nama yang diambil dari nama pahlawan kemerdekaan. Namun, menurut dia, hal tersebut tak harus diterapkan di seluruh bandara.

Sejumlah nama pahlawan pendahulu atau pendiri kerajaan pun laik untuk diabadikan jadi nama bandara. Salah satunya, Bandara Cakrabuana di Kota Cirebon.

"Cakrabuana itu pendiri Cirebon. Jadi, nama bandara itu tak harus nama tokoh melainkan bisa juga berupa nama tempat. Hal itu seperti Bandara Kualanamu di Medan," kata Arief.

Pemerintah menargetkan bandara Kertajati rampung pada awal pekan Mei 2018. Setelah rampung, pada pekan ketiga Mei akan dilakukan peresmian pendahuluan.


(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed