DetikNews
Rabu 21 Maret 2018, 20:16 WIB

Ratusan Rumah di Ciamis Rusak Diterjang Puting Beliung

Dadang Hermansyah - detikNews
Ratusan Rumah di Ciamis Rusak Diterjang Puting Beliung Foto: istimewa
Ciamis - Ratusan rumah di lima Kecamatan di Kabupaten Ciamis mengalami kerusakan bervariatif. Setelah diterjang angin puting beliung disertai hujan deras yang melanda wilayah Kabupaten Ciamis pada Rabu sore (21/3/2018).

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Ciamis Ani Supriani menuturkan lima kecamatan yang dilanda Puting Beliung yakni Kecamatan Sadananya, Baregbeg, Cijeungjing, Cisaga, Pamarican dan Lakbok.

"Laporan sementara dari anggota di lapangan, ratusan rumah mengalami kerusakan mulai dari rusak berat, sedang dan ringan," ujar Ani.

Ratusan Rumah di Ciamis Rusak Diterjang Puting BeliungFoto: istimewa


Kata dia, umumnya rumah yang rusak pada bagian atap genting karena tersapu anging. Ada juga puluhan rumah tertimpa pohon berukuran cukup besar.

"Paling parah itu rumah tertimpa pohon ukuran besar. Umumnya rumah yang tertimpa semi permanen. Sementara tidak ada laporan korban jiwa," jelasnya.

Menurut Ani, wilayah paling parah tersapu angin puting beliung berada di Kecamatan Lakbok. Tepatnya di Dusun Cibodas, Dusun Citamiang Desa Cintaratu.

"Di Desa Cintaratu paling parah, rumah tertimpa pohon tumbang ada 15, yang hancur 25 rumah rusak berat. Rumah rusak sedang dan ringan ada 112 rumah," katanya.

Pihak BPBD Ciamis saat ini masih melakukan pendataan dampak dari angin puting beliung. Satgas BPBD Ciamis telah terjung ke lapangan untuk mendata dan membantu masyarakat mengevakuasi pohon-pohon yang tumbang, juga membereskan puing-puing rumah dan memperbaiki.

"Saat ini masyarakat melakukan perbaikan rumahnya masing-masing. Warga yang rumahnya kokoh ikut bergotong-royong," pungkasnya.
(avi/avi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed