DetikNews
Jumat 09 Maret 2018, 12:54 WIB

Kata Warga Bandung Soal Nama Jalan Majapahit dan Hayam Wuruk

Mukhlis Dinillah - detikNews
Kata Warga Bandung Soal Nama Jalan Majapahit dan Hayam Wuruk Jalan Gazebo (Gasibu Barat) salah satu jalan di Kota Bandung yang namanya akan diganti. (Foto: Muklis Dinillah/detikcom)
Bandung - Pemprov Jabar akan mengganti dua nama jalan di Kota Bandung sebagai bentuk rekonsiliasi budaya Sunda-Jawa. Dua ruas jalan tersebut akan diberi nama Jalan Majapahit dan Jalan Prabu Hayam Wuruk.

Salah satu jalan yang akan diganti namanya oleh Pemprov Jabar yaitu Jalan Gazebo (Gasibu Barat). Lokasinya tepatnya berada di samping Hotel Pullman atau berseberangan dengan Gedung Sate.



Jalan sepanjang 100 meter itu hanya bisa dilalui oleh kendaraan yang berasal dari Jalan Diponegoro menuju Jalan Surapati. Sehingga, jalan tersebut selalu diakses pengendara bermotor.

Rencana pergantian nama Jalan Gazebo direspon positif oleh warga Kota Bandung. Ujang (40) mengatakan tidak mempermasalahkan bila nama ruas jalan yang dikelola oleh Pemprov Jabar itu diganti.

"Teu nanaon (enggak masalah) kalau diganti sama nama Majapahit atau Hayam Wuruk. Kan belum ada juga nama jalan kayak gitu," kata Ujang kepada detikcom, Jumat (9/3/2018).

Namun, ia meminta Pemprov Jabar juga mensosialisasikan kepada masyarakat terkait pergantian nama jalan tersebut. Sehingga, sambung dia, masyarakat tidak kebingungan nantinya.

"Kalau bisa nanti disosialisasikan. Kasian kalau yang orang jauh nanti kebingungan," ucap Ujang.


Warga lainnya, Dea (25) mengaku setuju dengan rencana pergantian nama ruas Jalan Gazebo. Apalagi tujuannya untuk memperbaiki hubungan antara suku Sunda dan Jawa yang punya sejarah kelam.

"Kalau memang tujuannya untuk itu, saya sih setuju saja," kata Dea

Selain Jalan Gazebo, Jalan Kopo Pendek di samping RS Imanuel juga akan diganti. Namun belum bisa dipastikan akan diganti dengan nama Jalan Majapahit atau Jalan Prabu Hayam Wuruk.

Kata Warga Bandung Soal Nama Jalan Majapahit dan Hayam WurukJalan Gazebo (Gasibu Barat) salah satu jalan di Kota Bandung yang namanya akan diganti. (Foto: Muklis Dinillah/detikcom)

(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed