Revitalisasi Sungai Citarum, Sudrajat: Butuh Dana Triliunan Rupiah

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 07 Mar 2018 18:35 WIB
Foto: Mochamad Solehudin
Bandung - Permasalahan Sungai Citarum menjadi sorotan Cagub Jabar Sudrajat. Ia berkomitmen untuk ikut andil dalam membenahi sungai terpanjang di Jabar tersebut.

Sudrajat mengatakan pengelolaan Citarum merupakan salah satu tantangan strategis dalam pembangunan di Jabar. Ia mengaku telah merumuskan penghitungan anggaran guna menyelesaikan permasalahan Citarum.

"Citarum ini harus bisa diselesaikan dalam kurun waktu yang betul-betul terjangkau dan dananya. Karena untuk menyelesaikan Citarum saya pribadi butuh dana minimal satu triliun bahkan dua triliun (rupiah) kalau mau tuntas," ujar Sudrajat dalam rilis yang diterima detikcom, Rabu (7/3/2018).

Meski membutuhkan dana yang cukup besar, kata Sudrajat, hal tersebut dapat menyelamatkan lingkungan ke depan. Apabila permasalahan Citarum selesai, sambung dia, persoalan lingkungan dan kesehatan masyarakat ke depannya akan lebih baik.

"Orang-orang yang ada di Jabar itu kan dialiri oleh sungai Citarum, tentu akan menyangkut masalah kesehatan lingkungan masa depan rakyatlah," katanya.

Selain dibutuhkannya dana yang cukup besar, kata dia, perlu adanya perubahan pola pikir masyarakat. Sehingga apabila Citarum telah selesai di revitalisasi, masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan. Perubahan pola pikir ini bukan hanya untuk Citarum, melainkan untuk menjaga lingkungan di Jabar.

Guna mewujudkan hal itu, cagub nomor urut tiga ini program tersendiri yang pendekatannya lebih ke budaya. Sehingga dalam lima tahun kedepan, apabila terpilih, ia akan memiliki program 'Bebersih' sebagai solusi mengatasi kerusakan lingkungan. Program ini juga untuk 'bebersih' birokrasi dan korupsi.

"Citarum ini sudah lama tapi kok belum selesai. Mudah-mudahan dalam kepemimpinan yang nanti kita teruskan," ujarnya. (ern/ern)