Penyebar Hoax Ulama Jabar Diserang PKI Punya 9 Akun Facebook

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 28 Feb 2018 17:03 WIB
Foto: Dony Indra Ramadhan
Bandung - Polisi menangkap pria di Bandung berinisial AS (29) yang mengunggah hoax ulama dianiaya kelompok PKI. AS memiliki sembilan akun media sosial (medsos) yang diduga digunakan untuk menyebarkan hoax atau menyebar ujaran kebencian.

"Yang kita tangani ini dia punya sembilan akun Facebook. Dia yang pertama kali menyebarkan berita ulama dianiaya oleh PKI," ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jabar Kombes Samudi di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Bandung, Rabu (28/2/2018).

Selain unggahan soal Ustaz Prawoto dan KH Umar Basri dianiaya PKI, AS juga mengunggah postingan SARA dan postingan penghinaan melalui akun Facebooknya.

Baca juga: Polisi Tangkap Penyebar Hoax Ulama Jabar Diserang PKI

Untuk postingan SARA, AS menulis bahwa teroris bukan berasal dari Timur Tengah melainkan Asia dan beragama Budha. Sementara postingan hinaan, AS menyebut polisi menggebuk warga anti PKI sementara Jokowi meminta menggebuk PKI.

"Di sinilah akun-akun ini berisi ujaran kebencian dan menghasut untuk arah SARA," ungkapnya.

Polisi belum bisa memastikan apakah AS masih satu jaringan dengan organisasi penyebar hoax seperti Muslim Cyber Army (MCA) atau yang lainnya. Sebab sejauh ini, pengakuan AS ke polisi ia bekerja sendiri.

"Dia yang membuat akun Facebook kemudian memposting dam menyebarkan. Untuk jaringan, kita masih mendalami. Kita kerja sama diback up penuh oleh Siber Bareskrim arahnya dia ke mana ini," kata Samudi. (ern/ern)