DetikNews
Jumat 23 Februari 2018, 12:02 WIB

Banjir Capai 2 Meter di Cirebon, 20 Ribu Rumah Warga Terendam

Sudirman Wamad - detikNews
Banjir Capai 2 Meter di Cirebon, 20 Ribu Rumah Warga Terendam Banjir di Cirebon/Foto: Sudirman Wamad
Cirebon - Sebanyak 20.000 rumah di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat terendam banjir. Banjir disebabkan intensitas curah hujan yang tinggi dan meluapnya dua sungai.

Kasie Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Cirebon Eman Sulaeman menyebutkan dua sungai yang meluap yakni Sungai Cisanggarung dan Cijangkelok. Sebanyak delapan kecamatan di Kabupaten Cirebon yang terkena dampak luapan sungai. Kedelapan kecamatan itu, yakni Losari, Ciledug, Pasaleman, Pabuaran, Pabedilan, Waled, Pangenan, dan Gebang.

"Dari data yang ada sekitar 20.000 rumah yang terendam. Hampir 90 persen wilayah Timur Cirebon terendam banjir," ucapnya saat ditemui di Desa Ciledug Wetan, Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Jumat (23/2/2018).
20 Ribu Rumah Cirebon Terendam Banjir, Ketinggian Air Capai 2 MeterFoto: Sudirman Wamad

Eman mengatakan air mulai masuk ke pemukiman sekitar pukul 23.00 WIB. Selang beberapa jam setelah air masuk, sambungnya, sejumlah rumah warga yang berdekatan dengan aliran sungai langsung terendam.

"Ketinggiannya sekitar satu sampai dua meter, bahkan sampai ke atap rumah. Warga sudah siaga, banyak dari mereka yang menyelamatkan diri ke dataran yang lebih tinggi, seperti jalan, pohon dan lainnya," kata Eman.

Saat ini BPBD bersama Polisi, TNI, dan SAR masih melakukan proses evakuasi kepada sejumlah warga yang masih terjebak banjir.
20 Ribu Rumah Cirebon Terendam Banjir, Ketinggian Air Capai 2 MeterFoto: Sudirman Wamad

Edi (46) warga RT 1 RW 3 Desa Ciledug Wetan, Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon mengaku khawatir dengan kondisi rumahnya yang terendam banjir. Edi tak sempat menyelamatkan barang-barang miliknya.

"Pukul 00.00 WIB air mulai tinggi. Boro-boro selamatkan barang, yang penting badan sendiri selamat," katanya.
20 Ribu Rumah Cirebon Terendam Banjir, Ketinggian Air Capai 2 MeterFoto: Sudirman Wamad

Selama musim hujan, sambungnya, banjir kali ini merupakan banjir terbesar yang melanda desanya. Edi berharap Pemkab Cirebon melakukan normalisasi dua sungai yang meluap.

"Selama 25 tahun saya di sini, baru dua kali banjir. Minggu kemarin sama hari ini. Semoga pemkab langsung bergerak," tutupnya.

[Gambas:Video 20detik]


(avi/avi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed