DetikNews
Selasa 20 Februari 2018, 09:51 WIB

Pilgub Jabar 2018

Panwaslu Temukan Pelanggaran di Deklarasi Dukungan 3 Partai ke Dua DM

Wisma Putra - detikNews
Panwaslu Temukan Pelanggaran di Deklarasi Dukungan 3 Partai ke Dua DM Foto: Wisma Putra
Kabupaten Bandung - Panwaslu Kabupaten Bandung menemukan pelanggaran pada Deklarasi Konspirasi PPP, PKB dan Hanura yang memberikan dukungan kepada Cagub dan Cawagub Jabar Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi (Dua DM).

Menurut Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antarlembaga Panwaslu Kabupaten Bandung Hedi Ardia, acara yang digelar di RM Kampung Sawah, Soreang, Kabupaten Bandung, Senin (19/2) malam itu, merupakan suatu bentuk kampanye.

"Ini sebetulnya termasuk salah satu bentuk kegiatan kampanye. Kegiatan kampanye ini ada kegiatan lain, kegiatan lain itu termasuk deklarasi. Ada bentuk dukungan dan ajakan kepada pasangan calon," kata Hedi yang juga hadir di acara itu untuk memantau.

Baca juga: Sejumlah Kader PPP, PKB dan Hanura Membelot Dukung Dua DM

Hedi mengaku menemukan beberapa pelanggaran. "Pertama ini di luar jadwal, kan kampanye itu dari Pukul 09.00-18.00 WIB. Ini sudah di luar waktu," ungkapnya. Deklarasi digelar mulai pukul 22.00 hingga 24.00 WIB.

Selain itu, penyelenggara kampanye tidak jelas dan tidak terdaftar di KPU. "Sesuai mekanisme itu harus terdaftar di KPU. Apakah itu tim kampanye, relawan atau pendukung lainnya, kan harus terdaftar, dan harus ada surat pemberitahuan ke polisi dan ditembuskan ke KPU dan Panwas, ini tidak ada," tuturnya.

Hedi juga mendapat informasi perangkat desa hadir di acara itu. Temuan-temuan itu akan dikaji lagi. "Kebanyakan (yang hadir) pengurus partai tingkat Jawa Barat. (kader partai) Kabupaten Bandungnya sedikit," pungkasnya.

[Gambas:Video 20detik]


Baca juga: Didukung Kader PPP, PKB dan Hanura, Demiz: Saya Mengapresiasinya
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed