Polisi Sita Jimat dari Penodong Remaja Masjid di Bandung

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Senin, 05 Feb 2018 15:48 WIB
Pelaku penodongan/Foto: Dony Indra Ramadhan
Bandung - Polisi mengamankan M Lukman Rikmansyah (24) karena menodong remaja di masjid. Selain pisau yang digunakan untuk menodong, polisi juga menyita kaleng lem dan 'jimat'. Jimat apa?

"Ada salah satu pengakuannya menyebutkan ini jimat, kita amankan," ujar Kapolrestabes Bandung Kombes Hendro Pandowo di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Senin, (5/2/2018).

Kapolsek Astana Anyar Kompol Eko Listiono menuturkan jimat atau isim yang dibawa oleh Lukman tersimpan di ikat pinggangnya. Pemuda tersebut mengakui membawa jimat itu

"Iya jadi memang dia bawa isim yang disimpan di sabuknya," kata Eko di tempat yang sama.

Eko menjelaskan Lukman memang sengaja membawa jimat tersebut. Jimat itu, kata Eko, diakui Lukman untuk kekebalan.

"Pengakuannya isim itu bisa bikin dia tahan lapar dan tahan malu," kata Eko sambil tersenyum.
Polisi Sita Jimat Dari Penodong Remaja Masjid di BandungFoto: dok.Polrestabes Bandung

Selain itu, Eko menuturkan awal mula Lukman bisa sampai tidur di masjid At Tawakal milik organisasi islam Persatuan Islam (Persis) itu. Awalnya Lukman memang sudah ada janjian dengan seorang wanita yang bekerja di salah satu pabrik di kawasan itu.

Tak kunjung datang perempuan tersebut, Lukman yang sudah pusing akibat pengaruh lem aibon, kemudian masuk ke masjid At Tawakal. Beberapa saat kemudian, Lukman yang tidur di lantai 3 turun ke lantai 2 dan langsung menodongkan pisau ke arah remaja masjid.

Dari pengakuannya, sambung Eko, pisau tersebut sengaja dibawa Lukman. Sebab, Lukman yang kesehariannya mengamen mengaku kerap dipalak oleh orang lain.

"Dia bawa itu katanya untuk jaga-jaga saja," kata Eko.

Aksi penodongan dilakukan Lukman terhadap sejumlah remaja di Masjid At Tawakal, Jalan Karasak Lama, Kelurahan Karasak, Kecamatan Astana Anyar, Kota Bandung pada Minggu (4/2) pukul 21.40 WIB. (avi/avi)