detikNews
Senin 15 Januari 2018, 17:04 WIB

Menteri Yohana: Pelaku Jalani Pidana Dulu, Lalu Suntik Kebiri

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Menteri Yohana: Pelaku Jalani Pidana Dulu, Lalu Suntik Kebiri Foto: Dony Indra Ramadhan
Bandung - Pemerintah akan segera memberlakukan hukuman kebiri bagi predator anak. Perundang-undangan yang mengatur hukuman tersebut telah rampung dan siap diberlakukan.

Sanksi hukuman kebiri diatur dalam Undang-Undang nomor 17 Tahun 2016 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU No. 1 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas UU No.23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak.

"Undanng-Undang nomor 17 tahun 2016 sudah dikeluarkan akhir bulan Desember kemarin. Untuk mekanisme juknis (petunjuk teknis) sudah dibuat, sudah final dan sudah dikirim ke presiden untuk ditanda tangani," ujar Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembisa di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Bandung, Senin (15/1/2018).

Meskipun hukuman kebiri sudah disiapkan, Yohana mengatakan sanksi itu tidak akan langsung diberikan kepada pelaku. Sang pelaku, perlu menjalani hukuman pidana penjara sesuai putusan pengadilan.

"Dia akan menjalani pidana pokok 15 atau 20 tahun. Setelah itu baru disuntik kebiri," tuturnya.

Yohana menambahkan hukuman ini memang perlu dilakukan. Apalagi mengingat saat ini beberapa kasus kekerasan seksual terhadap anak terungkap. "Setuju," kata Yohana.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed