DetikNews
Kamis 07 Desember 2017, 15:47 WIB

Partai Koalisi Pendukung Ridwan Kamil Minta Konvensi Dipercepat

Mochamad Solehudin - detikNews
Partai Koalisi Pendukung Ridwan Kamil Minta Konvensi Dipercepat Syaiful Huda (kiri) dan Saan Mustopa (kanan)/Foto: Mochamad Solehudin
Bandung - Partai koalisi pendukung Ridwan Kamil berharap konvensi untuk menentukan calon wakil gubernur segera dilaksanakan. Hal ini penting mengingat waktu pendaftaran yang sudah semakin dekat.

Sebagaimana diketahui NasDem, PPP, PKB dan Golkar sepakat untuk mengusung Ridwan Kamil di Pilgub Jabar 2018. Namun keempat partai itu belum sepakat terkait sosok calon wakil gubernur yang akan mendampingi Ridwan Kamil pada pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Sejauh ini ada tiga partai yang menyodorkan kadernya untuk dijadikan calon wakil dari Ridwan Kamil. Di kubu Golkar ada nama Anggota DPR RI Daniel Mutaqien. PKB mengusulkan Anggota DPR RI Maman Imanul Haq dan Ketua DPW PKB Jabar Syaiful Huda. Sementara PPP mengusulkan Bupati Tasikmalaya Uu Ruhzanul Ulum.

Rencananya tahapan konvensi akan dilakukan untuk menentukan calon pendamping tersebut. Konvensi sendiri merupakan usulan dari Ridwan Kamil demi mendapat sosok calon wakil yang tepat dan diterima oleh semua partai peserta koalisi.

Baca juga: Peserta Konvensi Cawagub Ridwan Kamil Dibatasi dari Partai Koalisi

Ketua DPW PKB Jabar Syaiful Huda menyatakan, bila tahapan konvensi jadi dilakukan harus digelar dalam waktu dekat. Pasalnya waktu pendaftaran pasangan calon ke KPU kurang lebih tinggal satu bulan.

"Waktunya tinggal satu bulan lagi (untuk pendaftaran pasangan calon ke KPU). Belum lagi nanti dipotong Natal, tahun baru," kata Huda saat dihubungi, Kamis (7/11/2017).

Maka pihaknya menyarankan supaya proses penentuan calon wakil pendamping Ridwan Kamil bisa segera dilakukan. "Paling tidak minggu depan harus sudah dilakukan," ucapnya.

Senada dengan Huda, Ketua DPW NasDem Saan Mustopa juga berharap penentuan pendamping Ridwan Kamil ini bisa lebih cepat. "Kita juga inginnya cepat," kata Saan.

Dia melanjutkan, hasil dari konvensi nanti bukan menjadi patokan utama dalam penentuan calon wakil gubernur. Karena keputusan akhirnya tetap berada di tangan Ridwan Kamil.

"Konvensi sebagai second opinion bagi Kang Emil (Ridwan Kamil). Keputusan akhirnya tetap di tangan Kang Emil," ujar Saan.

Sementara itu, Ketua DPW PKB Jabar Ade Munawaroh berharap Ridwan Kamil bisa menjadikan hasil survei sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan calon pendampingnya.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed