DetikNews
Selasa 05 Desember 2017, 17:42 WIB

Ribuan Penggiat Ekonomi Kreatif Bakal Mejeng di BEKRAF Festival

Tri Ispranoto - detikNews
Ribuan Penggiat Ekonomi Kreatif Bakal Mejeng di BEKRAF Festival Press Conference Bekraf festival/Foto: Tri Ispranoto
Bandung - Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) bakal menggelar BEKRAF Festival yang menjadi wadah para pelaku ekonomi kreatif untuk unjuk gigi di hadapan masyarakat.

Kepala BEKRAF Triawan Munaf mengatakan nantinya dalam acara yang digelar mulai 7-10 Desember 2017 itu juga akan menjadi tempat BEKRAF untuk memaparkan segala bentuk capainnya sejak pertama kali dibentuk tahun 2015 lalu.

"Sebagai lembaga baru banyak sekali cita-cita kami untuk memajukan ekonomi kreatif. Kami ingin ada akselerasi yang lebih cepat karena kita sudah ketinggalan secara konsep bidang ekonomi kreatif," ujar Triawan saat menggelar konferensi pers BEKRAF Festival di Dago Heritage, Kota Bandung, Selasa (5/12/2017).

Triawan menyebut selama dua tahun berdiri, lembaga yang dipimpinnya itu kini sudah bisa mengembangkan ekonomi kreatif dalam 16 sektor dan bekerjasama dengan 500 kabupaten/kota di Indonesia.

Melalui festival ini, kata Triawan, masyarakat bisa terlibat dan mengetahui fungsi BEKRAF sebagai fasilitator dan katalisator pembangunan ekonomi kreatif di Indonesia.

"Kami Budayakan expo tahunan. Karena tahun-tahun lalu belum maka di tahun ini kita baru bisa. Dan Kota Bandung menjadi tuan rumah pertama festival karena kita tahu Bandung merupakan kota kreatif di Indonesia," katanya.

Selama tiga hari digelar nantinya festival tersebut akan terdapat 39 program unggulan pada enam booth yang digelar di Gedung Bandung Creative Hub dan Gudang Penyimpanan PT KAI Cikudapateuh, Jalan Laswi, Kota Bandung.

Dalam acara tersebut juga akan diisi oleh produk kreatif dan pelaku produksi yang selama ini didukung oleh BEKRAF seperti hasil kerajinan daerah yang tergabung melalui program IKKON.

"Ada juga showcase, sharing session, workshop, fashion show dan pertunjukan-pertunjukan. Saya harap ini menjadi ajang talenta muda untuk menonjolkan diri sehingga ada target mereka ingin muncul di BEKRAF Festival," katanya.

Selain itu festival ini juga dijadwalkan akan dihadiri oleh 200 delegasi asing yang 14 di antaranya adalah menteri luar negeri dari negara sahabat dan puluhan duta besar luar negeri untuk Indonesia.

"Ini menjadi pertanda bahwa ekonomi kreatif menjadi perhatian dunia. Ini merupakan rangkaian penting untuk perekonomian di Indonesia," tandas Triawan.
(avi/avi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed