DetikNews
Selasa 05 Desember 2017, 15:40 WIB

Ada Tol Soroja, Pemda di Bandung Raya Siapkan Paket Wisata

Tri Ispranoto - detikNews
Ada Tol Soroja, Pemda di Bandung Raya Siapkan Paket Wisata Tol Soroja (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Bandung - Presiden Joko Widodo telah meresmikan Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) sebagai penyambung antara Kota Bandung dan Kabupaten Bandung. Pemda di Bandung Raya bakal merapatkan barisan untuk menyiapkan paket wisata bagi wisatawan.

Kadisbudpar Kota Bandung Kenny Dewi Kaniasari mengatakan saat ini Kota Bandung telah berhasil menggaet wisatawan hingga 6,9 juta orang per tahun. Kehadiran Tol Soroja diharapkan mendongkrak angka wisatawan pada tahun depan.

Baca juga: Indahnya Gunung Tangkuban Perahu Dilihat dari Tol Soroja

Salah satunya caranya yaitu menjalin perjanjian kerja sama Pemda di Bandung Raya terdiri Pemkot Bandung, Pemkab Bandung dan Pemkab Kabupaten Bandung Barat (KBB) dalam sektor pengembangan pariwisata. "Adanya Soroja ini dari kota ke kabupaten hanya 12-15 menit. Jadi kita (tiga Pemda) nanti di KBB perjanjian join promotion (promosi bersama) dalam pariwisata," ujar Kenny kepada wartawan di Taman Sejarah, Kota Bandung, Selasa (5/12/2017).

Menurut Kenny, dalam konsep tersebut Kota Bandung bakal menjadi pusat pariwisata dengan menyediakan penginapan, wisata kuliner, wisata belanja hingga pusat hiburan "Sementara nanti untuk di kabupaten dan KBB menjadi pusat wisata alamnya," tuturnya.

Baca juga: Ke 'Rumah Pengabdi Setan' Lebih Cepat Lewat Tol Soroja

Guna menunjang kerja sama tersebut, Pemkot Bandung membuat kalender acara sepanjang 2018 mendatang. Tiga di antaranya ialah even Asia Afrika Karnival, Lightfest dan Seni Bandung #2.

"Selama ini orang ke Bandung hanya satu-dua hari. Tapi dengan paket wisata yang kita tawarkan orang bisa berwisata di Bandung Raya selama empat hingga lima hari," ucap Kenny.

Baca juga: 21 Tahun Diidamkan, Soreang-Pasir Koja Akhirnya Tersambung Tol

Dia berharap dengan konsep paket wisata tersebut jumlah wisatawan yang datang ke Bandung Raya dapat berkembang. Selain itu bisa mendongkrak perekonomian warga dari sektor pariwisata.

"Kita mendapat manfaat lebih dari adanya Soroja. Dan itu harus dimanfaatkan sebagai peluang," kata Kenny.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed