DetikNews
Jumat 13 Oktober 2017, 11:26 WIB

Pengamat: Koalisi Besar Tak Menjamin Bisa Menangkan Pilgub Jabar

Mukhlis Dinillah - detikNews
Pengamat: Koalisi Besar Tak Menjamin Bisa Menangkan Pilgub Jabar Logo Pilgub Jabar/Foto: istimewa
Bandung - Pengamat politik Universitas Padjadjaran (Unpad) Firman Manan menilai figur calon akan menentukan kemenangan di Piilgub Jabar 2018. Sebab elektabilitas partai dan besaran koalisi tidak menjamin kemenangan.

"Kalau kita lihat sebetulnya (Pilgub Jabar) lebih orientasinya figur ya. Jadi kalaupun dari partai, tapi tetap figur yang ada di partai itu," kata Firman saat dihubungi via telepon genggam, Jumat (13/10/2017).

Ia mengatakan berdasarkan dua periode Pilgub Jabar menunjukan figur menjadi penentu kemenangan. Dua periode terakhir, Ahmad Heryawan bisa unggul dengan menggandeng wakil yang cukup dikenal masyarakat luas.

Dia menjelaskan pada pemilihan legislatif (pileg) 2004 partai Golkar dominan, namun pada Pilgub Jabar 2008 justru Ahmad Heryawan yang notabene berasal dari PKS menang. Begitu juga pada Pileg 2009 dikuasai oleh Demokrat, tetapi Dede Yusuf juga kalah.

"Besaran koalisi enggak menentukan, pada Pilgub 2008 koalisi besar mengusung pada Dani kalah. Sementara koalisi besar Pilgub 2013 mengusung Dede Yusuf juga kalah," ungkap dia.

"Sederhananya identifikasi partai rendah, tapi lebih kepada figur. Kalau keberadaan figur itu diidentifikasi bagian dari partai," menambahkan

Menurutnya selain figur calon, keberadaan kepala daerah di beberapa wilayah di Jabar juga bisa mendongkrak perolehan suara. Namun, tetap saja figur kepala daerah tersebut yang menentukan bukan merepresentasikan mesin partai.

"Bahwa dia (kepala daerah) bisa menjadi variable (kemenangan) iya. Apalagi kepada figur misalnya Indramayu selalu dikuasai Golkar memperlihatkan pengaruh ada Yance. Betul kemudian itu bisa berpengaruh tapi bukan mesin partai tapi figur bagian dari elit partai," kata Firman.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed