Kaset Pita Mulai Kembali Digandrungi Anak Muda Bandung

Mukhlis Dinillah - detikNews
Selasa, 25 Jul 2017 09:12 WIB
Foto: Salah satu kios kaset di Cihapit Bandung (Mukhlis Dinillah/detikcom)
Kota Bandung - Siapa sangka di era digatalisasi ini, kaset pita masih saja eksis. Bahkan, beberapa tahun ini, kaset pita mulai kembali digandrungi semua kalangan khususnya anak muda.

Kaset pita bekas masih bisa dijumpai di Jalan Cihapit, Kota Bandung. Ada sekitar empat lapak yang menjual ragam koleksi kaset pita di era 1960 hingga 2000an. Salah satunya yang saat ini dikelola Jejen (29).

Baca Juga: Berburu Kaset Rhoma Irama Hingga Metallica di Cihapit Bandung

Beberapa tahun terakhir, Jejen kedatangan anak muda yang berburu kaset pita. Biasanya, kaum mileneal ini mencari kaset dari penyanyi atau band dalam negeri atau luar negeri yang bergenre rock.

"Biasanya anak muda mah nyarinya band-band rock gitu. Kayak The Beatles, Metallica, Nirvana, Rolling Stones," kata Jejen saat dijumpai di lapaknya.

Kaset Pita Mulai Kembali Digandrungi Anak Muda BandungFoto: Mukhlis Dinillah


Anak muda melirik kaset pita lantaran kualitas suara yang dianggap lebih bagus dibanding dalam format digital saat ini. Selain itu, mereka memiliki kebanggan-kebanggan tersendiri ketika memiliki kaset pita.

"Alasannya kualitas (suara), sama pengen punya fisik. Kalau download lagu jaman dulu rata-rata sudah diaransemen ulang, suaranya juga enggak sebagus kaset," tutur dia.

Setiap harinya, ada sekitar 10-20 penikmat kaset pita yang mengunjung lapak dagangannya. Sebagian besar mencari penyanyi atau band yang pernah tenar di era 1970 hingga 1990-an.

"Justru yang terkenal di tahun 2000-an itu jarang yang beli. Tantangannya barangnya juga jarang, jadi agak sulit," jelas dia.

Menurutnya tak jarang juga anak muda yang ada ke lapaknya meminta mencarikan kaset-kaset tertentu. Jejen pun berusaha mencarinya ke kolektor kaset atau label rekaman yang selama ini menjadi pemasoknya.

Kaset Pita Mulai Kembali Digandrungi Anak Muda BandungFoto: Mukhlis Dinillah


"Banyak juga yang pesan, kalau ada ini (kaset tertentu) nanti kasih tau. Rata-rata pembeli baru sekarang, bukan langganan biasanya," ucap dia.

Jejen mematok kaset pita bekas koleksinya dari harga paling murah Rp 5 ribu hingga Rp 500 ribu. Nominal harga ini tergantung kondisi dan tingkat kesulitan mencari kaset tersebut.

"Semakin sulit carinya mahal. Misalnya yang cetaknya terbatas atau pernah disebar tapi ditarik lagi dari peredaran," kata Jejen.


(avi/avi)