Berburu Kaset Rhoma Irama Hingga Metallica di Cihapit Bandung

Mukhlis Dinillah - detikNews
Selasa, 25 Jul 2017 08:53 WIB
Foto: Salah satu kios kaset di Cihapit Bandung (Mukhlis Dinillah/detikcom)
Kota Bandung - Suara musik terdengar jelas di salah satu tenda yang berdiri di atas trotoar Jalan Cihapit, Kota Bandung. Seorang pria tengah duduk sesekali bernyanyi mengikuti alunan masuk yang keluar dari sebuah radio tape.

Ribuan kaset pita bekas tertata rapi di rak yang ada di hadapan pria tersebut. Rupanya, pria itu tengah menunggu pembeli yang datang. Tempat ini memang dikenal surganya kaset pita jaman dulu (jadul).
Berburu Kaset Rhoma Irama Hingga Metallica di Cihapit BandungFoto: Mukhlis Dinillah

Puluhan tahun sudah penjual kaset pita eksis di lokasi ini. Seiring berkembangnya zaman, kaset pita mulai ditinggalkan masyarakat. Namun, tak membuat penjual kaset pita lenyap begitu saja.

Jejen salah satunya. Pria berusia 29 tahun itu sudah hampir 10 tahun terakhir meneruskan usaha ayahnya berjualan kaset pita. Usaha sang ayah itu sudah berlangsung sejak 1987 silam. Pekerjaan ini dilakoninya sepenuh hati.

"Saya nerusin usaha bapak. Karena hobi saya musik, jadi menikmati saja jualan kaset pita di sini (Cihapit)," kata Jejen saat ditemui di lapak dagangannya, Senin (24/7/2017) silam.

Lapak dagangannya menyediakan ragam kaset pita penyanyi atau band yang pernah tenar di era tahun 1960 hingga 2000-an. Baik itu musisi dalam negeri dan luar negeri yang tidak mudah ditemukan secara digital.

"Biasanya kalau digital yang ada di internet itu sudah diaransemen ulang, bukan yang aslinya. Apalagi penyanyi atau band-band jaman dulu," ungkap dia.

Ia menuturkan biasanya yang paling diburu penikmat kaset pita itu band-band rock seperti Metallica, Rolling Stones, Nirvana hingga The Beatles. Bahkan penyanyi lawas Rhoma Irama dan Elvi Sukaesih masih banyak diburu.

"Karena banyak pemintanya, saya kesulitan juga cari barangnya. Kalau ada biasanya langsung laku. Malah banyak yang sudah antre mau pesan," tutur dia.
Berburu Kaset Rhoma Irama Hingga Metallica di Cihapit BandungFoto: Mukhlis Dinillah

Untuk memenuhi ketersediaan kaset pita, Jejen biasanya mendapatkannya dari kolektor kaset hingga label rekaman. Kemudian, ia menjualnya kepada pembeli dengan harga Rp 5 ribu hingga Rp 500 ribu.

"Harga itu tergantung ketersediaan kasetnya. Kalau semakin langka dan sulit ditemukan, akan semakin mahal harganya," kata Jejen.


(avi/avi)