Berhijrah, Yana Umar Viking Persib: Hidup Saya Sekarang Lebih Tenang

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 06 Jun 2017 08:52 WIB
Yana Umar. Foto: Dony Indra Ramadhan
Bandung - Sejak memilih berhijrah dan lebih memperdalam agama Islam, kehidupan sehari-hari Yana Umar, Dirigen Viking Persib Bandung berubah. Bahkan perubahan itu juga terbawa hingga ke tribun stadion.

Jika biasanya ia memimpin bobotoh untuk meneriakkan yel-yel semangat dengan emosi meluap-luap dan kadang keluar kata-kata kasar, kini hal itu ia rem. "Kalau sekarang nonton masih, cuma lebih membatasi dari ucapan (kasar)," kata Yana saat ditemui di Click Square, Jalan Naripan, Kota Bandung, Jabar, Senin (5/6/2017).

Sedikit-sedikit, perubahan dalam dirinya ia tularkan pada teman-temannya sesama anggota Viking. "Untuk mengajak kebaikan seperti salat dan ngaji bareng baru sebatas ke orang-orang yang dekat dulu. Tetapi alhamdulilah, sekarang sudah banyak yang mau ikut, kadang suka ada yang ngajak salat berjamaah," kata Yana sambil tersenyum.

Media sosial yang ia miliki juga kini 'wajahnya' berubah. Seperti di instagram, Yana kerap membagikan informasi-informasi terkait agama Islam. "Saya mengajak kebaikan melalui pesan-pesan lewat sosial media. Saya tulis yang sudah ada hadistnya," tuturnya.

Seperti sore kemarin, Yana pun berbagi kisah hijrahnya di acara 'Click Your Iman' di Click Square, Jalan Naripan.

Selain perubahan saat berada di lapangan, perubahan perilaku juga terjadi kehidupan rumah tangganya. Semenjak memilih berhijrah pada tahun lalu, Yana kini semakin getol beribadah.

"Biasanya kalau salat subuh saya yang dibangunin oleh istri atau anak, sekarang alhamdulilah saya yang membangunkan untuk salat," ucap Yana.

Yana bersyukur masih diberi kesempatan untuk berubah. Perubahan yang berawal dari sebuah mimpi tentang kiamat itu, kini dirasakan betul oleh bapak empat anak ini.

"Hidup saya sekarang lebih tenang dari kemarin-kemarin. Kalau ada masalah, sekarang sudah tahu larinya harus kemana," kata Yana. (ern/ern)